Tidak Ada Jaringan? Begini Cara Kirim Emergency SOS via Satelit di iPhone

 

JAKARTA - Dengan iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 15, atau iPhone 15 Pro, Anda dapat menggunakan Emergency SOS via satelit untuk mengirim SMS ke layanan darurat saat Anda berada di luar jaringan seluler dan Wi-Fi.

Untuk terhubung ke satelit, Anda harus berada di luar ruangan dengan pemandangan langit dan cakrawala yang jelas. Saat Anda menggunakan koneksi satelit, pengalamannya berbeda dengan mengirim atau menerima pesan melalui seluler.

Saat Anda menggunakan fitur ini, Anda dapat membagikan Medic ID Anda dan memberi tahu kontak darurat Anda. Pastikan untuk mengatur informasi ini sebelum pergi ke suatu tempat tanpa jaringan seluler dan Wi-Fi.

Cara Mengirim SMS ke Layanan Darurat dengan Satelit 

Berdasarkan halaman resmi Apple, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah coba menghubungi nomor darurat setempat. Jika panggilan Anda tidak tersambung, Anda dapat mengirim SMS ke layanan darurat melalui satelit. 

Ketuk ikon bertuliskan “Emergency SMS via Satellite” untuk mengaktifkan fitur tersebut. Apple mengatakan dibutuhkan sekitar 15 detik untuk mengirim pesan dan bisa memakan waktu hingga satu menit jika Anda berada di bawah pohon yang berdaun. 

Setelah itu, layar berikutnya akan muncul dan memberi Anda informasi tentang penggunaan fitur ini. Di bagian bawah layar, ketuk "Report Emergency" untuk mulai berkomunikasi dengan layanan darurat.

Selanjutnya, fitur tersebut akan menanyakan serangkaian pertanyaan kepada Anda untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan darurat tersebut, dan meminta Anda menentukan keadaan darurat Anda yang paling sesuai dari daftar skenario darurat umum yang disediakan.

Di layar berikutnya akan muncul pertanyaan lebih detail tentang keadaan darurat Anda. Seperti, “Siapa yang membutuhkan bantuan?" dan "Bagaimana kabar Anda?" dan "Apa yang paling menggambarkan keadaan darurat ini?"

Langkah terakhir dalam laporan darurat adalah opsi untuk memberi tahu kontak darurat. Setelah semua rincian keadaan darurat dikirimkan, termasuk informasi medis dan lokasi, percakapan baru dibuat dengan pusat relay menanggapi permintaan bantuan tersebut.