Apple Siap Luncurkan visionOS 2 Tahun Ini, Simak Deretan Fiturnya!

JAKARTA – Di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, Apple mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sistem operasi terbaru dari Vision Pro, yaitu visionOS 2, pada musim gugur tahun ini.

Artinya, perangkat lunak ini akan diluncurkan di antara bulan September hingga Desember tahun ini. Pengguna bisa mengunduh visionOS secara gratis, setelah Apple luncurkan, untuk meningkatkan kemampuan komputer spasial milik mereka.

Apple mengatakan bahwa visionOS akan menghadirkan berbagai macam fitur baru, mulai dari kemampuan mengubah foto menjadi moment 3D hingga gerakan tangan yang lebih intuitif. Selain itu, ada pembaruan untuk Mac Virtual Display, Travel Mode, dan lainnya.

Masih banyak fitur baru yang akan Apple tambahkan di visionOS. Berikut ini beberapa fitur dari perangkat lunak terbaru Vision Pro yang akan meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna.

  • Pengguna bisa mengatur ulang urutan aplikasi di beranda, baik itu aplikasi bawaan visionOS maupun aplikasi dari iOS dan iPadOS. Pengguna juga bisa menampilkan layar beranda dengan gerakan tangan yang baru.
  • Apple akan menambahkan kemampuan Guest User untuk berbagi pengalaman Vision Pro dengan keluarga atau teman. Fitur ini akan menyimpan data tangan dan mata pengguna tamu selama 30 hari.
  • Tampilan virtual ultra-wide, yang menghubungkan Vision Pro dengan Mac, akan diperbarui. Fitur ini akan menampilkan layar melengkung ganda yang setara dengan 4K.

  • Pengguna bisa mengonversi gambar biasa menjadi gambar spasial melalui aplikasi Foto dan menonton atau mengedit dokumen di dalam ruangan 3D secara bersama-sama.
  • Vision Pro akan mendapatkan dukungan mouse dan keyboard fisik. Ini merupakan kabar yang baik karena Vision Pro hanya bisa bekerja dengan trackpad sejak pertama kali diluncurkan.

Itu dia beberapa fitur yang akan Apple tambahkan ke dalam visionOS 2 untuk memperbaiki kekurangan dari Vision Pro generasi pertama. Dengan berbagai pembaruan ini, Vision Pro akan semakin mudah untuk digunakan.