Indonesia Open 2024: Sabar/Reza Kalah, Tak Ada Wakil Indonesia di Final

JAKARTA - Sabar Karyaman/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani harus mengakui keunggulan ganda putra Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Sabar/Reza takluk dua gim langsung dengan skor 27-29 dan 13-21 pada semifinal Indonesia Open 2024 di Istora Senayan, Sabtu, 8 Juni 2024, malam WIB.

Satu-satunya wakil Indonesia di semifinal itu bangkit dari ketertinggalan enam poin, 3-9. Perlahan, Sabar/Reza mendekatkan jarak hingga 7-11 saat interval.

Selepas istirahat, mereka terus menjaga jarak hingga akhirnya menyamakan kedudukan 16-16. Setelah itu, kejar-mengejar angka terjadi hingga deuce 20-20.

Deuce pun berlangsung panjang sampai akhirnya Man Wei Chong/Kai Wun Tee menutup set pertama dengan skor 29-27.

Penampilan Sabar/Reza antiklimaks di set kedua. Alih-alih bisa memaksa laga berlanjut ke rubber game, mereka malah takluk dengan mudah.

Awalnya, Sabar/Reza bahkan sempat memimpin jauh 8-4. Namun, performa mereka menurun hingga lawan menyamakan kedudukan 8-8.

Setelah itu, ganda putra Malaysia melesat tanpa bisa dikejar. Mereka menjauh enam angka, 16-10, bahkan sampai selisih tujuh angka di poin krusial 19-12.

Sabar/Reza harus merelakan set kedua dengan skor 13-21 sekaligus memupus harapan ke final Indonesia Open 2024.

Kekalahan Sabar/Reza membuat Indonesi sudah tidak punya wakil di final Indonesia Open 2024.

Hasil negatif itu memperpanjang rekor buruk bulu tangkis Indonesia di rumah sendiri pada turnamen berlevel Super 1000 BWF tersebut.

Artinya, sudah tiga edisi beruntun tidak ada pebulu tangkis Tanah Air yang juara Indonesia Open. Terakhir kali ada pebulu tangkis Merah-Putih juara Indonesia Open ialah pada edisi 2021 melalui ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.