Lebih Sederhana, Netflix Perbarui Desain Aplikasi untuk Televisi

JAKARTA – Netflix akan mengubah tampilan beranda dari versi aplikasi di televisi. Desain terbaru yang sedang diuji ini akan menghilang deretan ubin acara, film, atau series menjadi kotak panjang yang berisi pratinjau.

Selain mengubah tampilan utama dari versi aplikasi untuk televisi, Netflix juga menonjolkan informasi dari berbagai acara atau film yang terlihat di dalam ubin. Ketika kursor diarahkan ke salah satu ubin, Netflix akan memutar pratinjaunya secara singkat.

Sementara itu, di bagian bawah ubin, pengguna akan melihat seluruh informasi mengenai acara atau filmnya, mulai dari judul, sinopsis singkat, tahun rilisnya, dan genre tayangannya. Khusus untuk series atau acara televisi, pengguna akan melihat jumlah episodenya.

Direktur Senior Produk Netflix Pat Flemming mengatakan kepada The Verge bahwa Netflix ingin memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Melalui pembaruan desain ini, pengguna bisa memilih acara, film, atau series yang menarik dengan cepat.

"Kami ingin para anggota memiliki waktu yang lebih mudah untuk menentukan apakah sebuah judul cocok untuk mereka," kata Flemming. "Anggap saja ini sebagai upaya pertama, langkah awal terbaik kami, pada apa yang kami anggap sebagai pengalaman TV baru yang luar biasa."

Tak hanya mengubah tampilan utamanya, Netflix juga menghilangkan menu dari sisi kiri dan mengubah opsinya menjadi lebih sederhana di bagian atas layar. Pengguna akan melihat menu yang berisi pencarian, beranda, acara, film, dan Netflix Saya.

Menu baru yang dipindahkan ini telah mengurangi beberapa opsi di versi aplikasi sebelumnya, yaitu Kategori, Baru dan Populer, serta Daftar Saya. Meski dihilangkan dari menu yang baru, tab Kategori masih bisa ditemukan di tab Pencarian.

Flemming mengatakan bahwa desain terbaru ini sedang diuji ke sebagian kecil pengguna. Jika para pengguna memberikan respons yang antusias, Netflix akan meluncurkan desainnya ke lebih banyak pengguna dalam beberapa bulan atau kuartal mendatang.