Jokowi Groundbreaking Bina Bangsa School Nusantara: Gunakan Kurikulum Cambridge untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking gedung Bina Bangsa School Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari ini.

Jokowi menyebut, pembangunan sekolah bertaraf internasional ini akan menggunakan kurikulum Cambridge untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Nusantara.

Dia menambahkan, Bina Bangsa School Nusantara akan didukung oleh fasilitas-fasilitas modern dalam pembelajaran yang interaktif dan inovatif.

"Dengan menerapkan Smart School yang mendidik siswa untuk terbuka terhadap teknologi dan menerapkan pembelajaran yang fokus pada kreativitas kolaborasi dan pemikiran kritis," ujar Jokowi seperti dipantau di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 5 Juni.

Menurutnya, kehadiran Bina Bangsa School di IKN menunjukkan komitmen serius pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung di IKN, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan internasional yang berkualitas dunia. Adapun saat ini sudah ada tujuh sekolah yang sedang dalam tahap pembangunan di IKN.

"Saya harap, Bina Bangsa School Nusantara dengan reputasi dan rekam jejak panjang di bidang pendidikan dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkelas dunia di IKN, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di IKN dan memberikan pilihan pendidikan mutu bagi warga IKN yang berasal dari berbagai daerah, negara dan latar belakang," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi pun berpesan agar Bina Bangsa School dapat memberikan ruang untuk memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal, menghormati keragaman budaya serta memperkuat persaudaraan dan persatuan.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Bina Bangsa School Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," imbuhnya.