Pesawat Europa Clipper Dibongkar untuk Persiapan Prapeluncuran

JAKARTA – Europa Clipper, pesawat ruang angkasa buatan NASA, akan dibongkar untuk dirakit oleh para teknisi. Pesawat ini akan dipasangkan antena, panel surya, hingga propelan untuk membantu pesawat terbang.

Awalnya, wahana antariksa itu berada di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA untuk dirakit. Setelah itu, Europa Clipper dipindahkan ke Kennedy Space Center pada 23 Mei menggunakan pesawat kargo C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS.

Pesawat tersebut tiba di Kennedy Space Center pada 28 Mei setelah menempuh perjalanan lebih dari 2.500 mil. Kini, Europa Clipper sedang diangkat dan dirotasikan secara vertikal di Payload Hazardous Servicing Facility (PHSF).

Selama di PHSF, pesawat untuk mengamati bulan Europa itu akan melakukan sejumlah aktivitas penting yang mendukung jalannya peluncuran di masa depan. Perangkat ini harus dipasangkan beberapa komponen penting.

"Termasuk memasang antena berdaya tinggi, memasang panel surya untuk memberi daya pada pesawat ruang angkasa, dan memuat propelan yang akan membantu memandu pesawat ruang angkasa ke tujuannya," kata NASA di dalam blog resminya.

Jika seluruh komponennya sudah terpasang, termasuk instrumennya, Eropa Clipper akan diluncurkan ke ruang angkasa pada 10 Oktober mendatang. Pesawat ini akan lepas landas bersama roket Falcon Heavy milik SpaceX.

Pesawat ini akan membawa sembilan instrumen sains untuk mendukung jalannya penelitian. Pesawat ini juga akan memantau Europa dalam jarak dekat sambil melakukan 50 kali penerbangan untuk mengetahui apakah bulan tersebut dapat mendukung kehidupan.