David Baszucki Hasilkan Uang Rp 65 Triliun dari Gim Roblox

JAKARTA - Saat ini gim tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan semata, dengan bermain gim seseorang bisa mendapat penghasilan yang cukup menguntungkan. Hal tersebut dialami oleh pendiri gim Roblox, David Baszucki.

Roblox merupakan sebuah gim yang memiliki karakter permainan seperti Minecraft. Kini Baszucki masuk ke dalam deretan orang terkaya di dunia. Dalam permainan ini, pemain bisa membangun dunia virtual sesuai keinginannya sendiri. Roblox merupakan gim gratis yang bisa dimainkan oleh semua orang. Ia juga menyediakan sejumlah item yang bisa dibeli oleh pemain.

Belum lama ini, Roblox sudah berhasil melantai di Wall Street, bursa saham Amerika Serikat. Hari pertama perdagangan sahamnya telah meroket sebesar 50 persen menjadi 69,5 dollar AS per lembarnya. Hal ini menjadikan valuasi Roblox menjadi 30 miliar dollar AS.

Sebagai salah satu founder Roblox, Baszucki mempunyai saham di Roblox senilai 4,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 65,78 triliun). Oleh sebab itu, namanya masuk ke dalam daftar orang paling tajir di dunia.

“Kami suka pencatatan saham Roblox secara langsung, karena kita semua akan bersatu dan harga pada perdagangan pertama sama untuk semua orang,” kata Baszucki seperti yang dilansir dari Bloomberg, Jumat, 12 Maret.

Roblox mendapatkan popularitasnya pada masa pandemi virus corona melanda dunia. Ketika banyak anak dan remaja terpaksa harus berdiam di rumah, gim ini muncul sebagai hiburan yang banyak dimainkan oleh mereka. Roblox pun menjadi tempat pertemuan virtual bagi para remaja.

“Visi kami ke depan benar-benar menghubungkan dunia pada platform Roblox, dan memungkinakan Anda terhubung dengan orang-orang,” kata Baszucki.

Pendiri Roblox itu merupakan jebolan dari Universitas Stanford yang telah meraih gelarnya di bidang teknik kelistrikan. Pada 2004, Baszucki bersama rekannya, Erik Cassel, mendirikan Roblox Corporation. Ha itu dilakukan oleh keduanya setelah membuat perangkat lunak pendidikan untuk pengajaran fisika.

Pada 2020, Baszucki memiliki 12 persen saham Roblox. Dia pun akan mendapat tambahan saham perusahaan sebanyak 11,5 juta dengan catatan jika Roblox berhasil memenuhi hal-hal yang sudah ditargetkan perusahaan.