Acara Wisuda Daring ITS Lewat Game <i>Minecraft</i>
Tampilan wisuda daring ITS (dok. ITS)

Bagikan:

JAKARTA - Acara wisuda secara online atau daring mungkin sudah biasa dilakukan banyak kampus selama pandemi COVID-19. Namun, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) justru menggelar acara wisuda dalam sebuah game Minecraft.

Game besutan Mojang ini, menjadi saranan wisuda virtual bagi mahasiswa ITS. Bahkan bangunan tempat acara wisuda digelar dibuat mirip dengan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS. 

"Kami membangun konstruksi bangunan blok Minecraft, berdasarkan dari gedung aslinya," kata dosen Jurusan Teknologi Informasi ITS Hadziq Fabroyir, seperti dikutip dari keterangan resminya ITS, Senin, 3 Agustus. 

Dijelaskan Hadziq acara wisuda berbasis game virtual diinisasinya bersama 14 orang lainnya menggunakan Minecraft Education Edition. Tujuannya untuk memeriahkan acara kelulusan yang seharusnya diadakan offline pada Maret 2020 lalu. 

Wisuda online lewat game Minecraft (dok. ITS)

Para wisudawan pun menjelma sebagai pemain Minecraft untuk mengikuti prosesi wisuda. Tak hanya peserta wisuda, sejumlah dosen dan rektor ITS, Mochamad Ashari, turut menjadi pemain Minecraft dan melantik sekitar 570 wisudawan dari tiga fakultas. 

Salah satu warganet yang merupakan mahasiswa kampus ITS pun membagikan prosesi wisuda daring lewat game Minecraft di Twitter. Tampak ketika proses pelantikan berlangsung, setiap pemain akan mendapatkan jendela pop-up interaktif berisikan ucapan selamat dari rektor ITS

Untuk kelancaran acara wisuda, para pemain yang hadir di bangunan virtual tersebut mengandalkan platform Discord untuk komunikasi suara. Kemudian, pihak ITS juga menggunakan platform video telekonferensi Zoom untuk menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan secara langsung dari server Minecraft ITS.