Serikat Pekerja Samsung Akan Gelar Aksi Mogok Tuntut Kenaikan Upah

JAKARTA - Serikat Pekerja Samsung Electronics (NSEU) di Korea Selatan akan memulai aksi mogok pertama kalinya, minggu depan sebagai bagian dari upaya meningkatkan tuntutan kenaikan upah. Hal itu dikatakan oleh pejabat serikat pekerja pada Rabu, 29 Mei.

NSEU, yang memiliki sekitar 28.000 anggota atau lebih dari seperlima dari total tenaga kerja di Samsung, mengumumkan akan berhenti bekerja selama satu hari pada 7 Juni sebagai bagian dari tindakan protes yang lebih luas. Pengumuman ini disampaikan oleh pejabat serikat dalam konferensi pers yang disiarkan langsung, di mana mereka memegang spanduk yang bertuliskan: "Kami tidak bisa lagi mentolerir represi terhadap pekerja dan serikat pekerja."

Jika anggota serikat bersama-sama mengambil cuti sehari minggu depan, ini akan menjadi aksi mogok pertama oleh pekerja Samsung di Korea Selatan, produsen chip memori terbesar di dunia. Para pekerja telah secara intermittently berpartisipasi dalam protes dalam beberapa minggu terakhir di luar kantor perusahaan di Seoul serta di lokasi produksi chip di Hwaseong, selatan Seoul.

Menanggapi keputusan perusahaan untuk menaikkan upah tahun ini sebesar 5,1%, serikat pekerja sebelumnya menyatakan bahwa mereka menginginkan tambahan satu hari cuti tahunan serta bonus berbasis kinerja yang transparan. Pada Rabu, serikat pekerja menuduh raksasa teknologi itu gagal membawa rencana kompromi dalam negosiasi yang diadakan sehari sebelumnya.

Samsung Electronics mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu: "Kami akan dengan tulus terlibat dalam diskusi dengan serikat pekerja."

Pejabat serikat membela keputusan untuk melakukan aksi industri pada saat beberapa bagian dari bisnis Samsung sedang berkinerja buruk. "Perusahaan telah mengatakan mereka menghadapi krisis sepanjang 10 tahun terakhir," kata Son Woo-mok, presiden NSEU kepada wartawan. Namun ia menambahkan bahwa perusahaan tidak seharusnya menggunakan ini sebagai alasan untuk tidak memenuhi tuntutan mereka.

Serikat pekerja mengatakan semua situs perusahaan di seluruh Korea Selatan akan terpengaruh oleh aksi pada 7 Juni. NSEU adalah serikat pekerja terbesar dari lima serikat di raksasa teknologi Korea Selatan ini. Tidak jelas apakah serikat pekerja yang lebih kecil lainnya berencana untuk bergabung dalam aksi tersebut.

Menanggapi rencana mogok pada Rabu, koalisi dari lima serikat pekerja di afiliasi Samsung, termasuk serikat pekerja Samsung Electronics lainnya, mempertanyakan niat di balik rencana mogok tersebut. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak akan bergabung dengan aksi ini.

Koalisi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rencana mogok tampaknya merupakan bagian dari upaya untuk bergabung dengan serikat payung yang lebih keras, daripada untuk meningkatkan kondisi pekerja di perusahaan teknologi tersebut.

Pengumuman mogok ini muncul saat Samsung, salah satu produsen chip dan smartphone terbesar di dunia, tampaknya goyah di beberapa area, termasuk chip semikonduktor mutakhir. Minggu lalu, Samsung mengganti kepala unit semikonduktornya dengan mengatakan bahwa diperlukan orang baru di posisi tersebut untuk menavigasi apa yang disebut sebagai "krisis" yang mempengaruhi industri chip.

Lebih dari 2.000 pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja raksasa teknologi Korea Selatan ini berkumpul di Seoul minggu lalu untuk mengadakan unjuk rasa langka menuntut kenaikan upah. Keanggotaan serikat pekerja meningkat pesat setelah Samsung Electronics pada tahun 2020 berjanji untuk mengakhiri praktik mereka dalam mencegah pertumbuhan tenaga kerja terorganisir.

Analis mengatakan peningkatan keanggotaan serikat pekerja mencerminkan frustrasi pekerja dengan penurunan daya saing Samsung dalam bisnis seperti chip memori bandwidth tinggi (HBM) dan karena masalah hukum yang dihadapi raksasa teknologi tersebut.

Dalam satu kasus, perusahaan sedang menghadapi banding dari jaksa atas keputusan yang menyatakan ketua Samsung Electronics Jay Y. Lee tidak bersalah atas penipuan dan tuduhan lainnya terkait dengan merger perusahaan Samsung pada tahun 2015.

Saham Samsung Electronics ditutup turun 3,1% pada hari Rabu, dibandingkan dengan penurunan 1,7% pada indeks KOSPI.