5 Alasan Mengapa Makanan Penutup Penting Disajikan dalam Serangkaian Hidangan Lengkap

YOGYAKARTA – Sederet makanan penutup yang dihidangkan pada full course meal penting disajikan. Hidangan inti atau main course dibuka dengan appetizer dan ditutup desserts. Dalam urutannya, makanan penutup atau desserts penting disiapkan. Bukan sekedar camilan manis, tetapi ini alasan kenapa makanan penutup penting disajikan.

1. Bentuk seni dari sajian kuliner

Menciptakan makanan penutup, atau desserts, adalah seni sejati karena menuntut kreativitas, ketelitian, dan pemahaman mendalam tentang rasa serta bahan. Tawaran kuliner yang menarik ini, menunjukkan keahlian dan inovasi para koki serta pembuat roti. Mereka mengolah bahan-bahan pilihan menjadi kreasi menakjubkan yang memanjakan indra. Tak hanya indra perasa, tetapi indra penciuman dan mata dimanjakan dengan presentasi menarik dari sepiring kue dihias krim dan buah ceri.

Makanan penutup secara unik menyampaikan berbagai macam emosi dan pesan. Melansir Nana’s Taste Sweet, Rabu, 29 Mei, makanan penutup dipilih dengan cermat untuk mengungkapkan apa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Maka dalam hidangan pada acara khusus, memiliki kombinasi hidangan penutup yang dibuat spesial.

Ilustrasi alasan mengapa makanan penutup penting disajikan dalam serangkaian hidangan lengkap (Freepik/Azerbaijan_stockers)

2. Menyeimbangkan rasa

Hidangan penutup yang manis, mungkin cukup dilematis bagi beberapa orang. Karena setelah makan makanan berat yang mengenyangkan, terdorong makan makanan manis yang mengiurkan. Tetapi di lain sisi, makanan penutup adalah penyeimbang rasa. Setelah bersantap yang memuaskan, langit-langit mulut perlu dimanjakan dengan keseimbangan rasa dan sensasi. Makanan penutup melengkapi hidangan apapun, yang menawarkan hasil akhir yang kaya dan lembut untuk mengurangi rasa berat makanan inti. Misalnya makanan inti berbahan berat seperti daging. Maka perlu diseimbangkan dengan tekstur hidangan penutup yang ringan, lembut, dan menyenangkan.

3. Meningkatkan pengalaman bersantap

Makan desserts merupakan tindakan mengakhiri makan. Hidangan penutup memberikan rasa yang lengkap, dan lebih penting lagi, meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Hidangan terakhir, menandai berakhirnya jamuan makan. Harapannya supaya orang yang makan bersama merasa puas dan senang. Selain itu, santapan hidangan lengkap terasa santai ketika ditutup dengan sentuhan manis.

4. Manfaat kesehatan

Meskipun mayoritas desserts terasa manis, tetapi bahan dan jenisnya bisa dipilih secara hati-hati dengan tujuan manfaat kesehatan. Makanan penutup yang terbuat dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan bahan bernutrisi lain, memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

5. Mengekspresikan kreativitas

Makanan penutup menawarkan ekspresi kreatif, baik bagi pembuatnya maupun penikmatnya. Seni terlibat dalam pembuatan makanan penutup. Ini karena dalam membuatnya perlu mengenali bentuk ekspresi yang menunjukkan keterampilan, kreativitas, dan semangat para koki yang membuatnya.

Itulah kelima alasan kenapa makanan penutup penting disajikan dalam full course meal atau sajian makanan lengkap.