Ikuti Jejak X, Tumblr Luncurkan Fitur Komunitas dalam Versi Beta Terbuka

JAKARTA - Tim divisi Labs dari Tumblr, situs blogging terkemuka di dunia mengumumkan bahwa mereka meluncurkan fitur Komunitas (Community) dalam versi beta terbuka atau open beta. 

Fitur ini menawarkan ruang khusus bagi pengguna untuk terhubung dengan orang lain mengenai berbagai topik, di luar dasbor utama Tumblr.

Beta terbuka ini hadir enam bulan setelah perusahaan meluncurkan fitur Komunitas untuk uhi beta tertutup, dan mewakili pergeseran fokus platform di bawah induk  perusahaan barunya, Automattic, pembuat WordPress.com. 

“Bulan lalu kami memulai uji beta tertutup untuk fitur Komunitas baru kami, dan kemarin kami membuka pembuatan komunitas untuk semua orang di Tumblr,” kata tim Labs dalam pengumumannya. 

Dengan peluncuran beta terbuka ini, semua pengguna Tumblr sekarang dapat meminta untuk membuat komunitas dan komunitas tersebut akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu (menunggu persetujuan tim).

Bisa dikatakan bahwa fitur Komunitas Tumblr ini agak mirip dengan subreddit di Reddit dan Komunitas di X (sebelumnya Twitter), yang keduanya kini menjadi tempat pelatihan AI mereka. 

Sejauh ini Tumblr telah memasukkan lebih dari 5.800 komunitas dalam daftar tunggu. Perusahaan berjanji akan mengerjakan daftar tersebut secepat mungkin sehingga semua pengguna dapat mulai mengundang orang dan mengujinya bersama. 

“Jika Anda penasaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang komunitas, Anda dapat melihat komunitas Masukan Komunitas untuk melihat sekilas dan berita terbaru tentang perkembangannya,” tutup pengumuman itu.