Tumblr Gaet Pengguna Baru dengan Cara yang Unik
Tumblr kembali mencoba merayu pengguna baru ke platform (foto: Dok. Tumblr)

Bagikan:

JAKARTA - Tumblr kembali mencoba merayu pengguna baru ke platform yang berusia 15 tahun itu. Perusahaan kini berencana menargetkan Gen Z.

Hal ini karena adanya laporan penurunan pengguna baru yang disebabkan oleh TikTok dan pengguna biasa yang memenuhi laman Tumblr mereka dengan konten dari perusahaan asal China itu, menjadikan pasar Tumblr cukup tenggelam.

Meski begitu, kemungkinan besar Tumblr menyadari hal lain selain masalah dari pesaingnya untuk mendapatkan pengguna baru, yakni sulitnya menggunakan aplikasi reblogging tersebut.

Ini bukan hal baru, belajar menggunakan Tumblr selalu membutuhkan lebih banyak pekerjaan manual daripada hampir semua platform sosial lainnya.

Fitur-fitur Tumblr seperti tag dan lainnya dapat membuatnya membingungkan bagi pendatang baru. Belum lama, karyawan Tumblr mengatasi masalah ini dengan mempromosikan serangkaian unggahan terbaru di blog seperti tips yang dijuluki Hellsite High.

Hellsite High adalah plesetan dari nama panggilan pengguna untuk platform tersebut. Hellsite High berisi topik seperti Shitposting for Newbs dan Saying Hi- From Super Public To Super Private, yang akan memandu pembaca melalui penggunaan komunitas paling umum untuk fitur Tumblr.

Ini mungkin tidak akan menarik pengguna biasa, tetapi ini adalah harta karun seperti kode cheat untuk pendatang baru yang penasaran dan berencana menjadikan Tumblr rumah baru mereka di internet.

Memang, satu-satunya bagian yang membingungkan adalah desain situs yang usang. Tetapi upaya sungguh-sungguh Hellsite High pada konsep ini adalah menghadirkan campuran font, warna, dan clip art beresolusi rendah, yang ironisnya, membuat informasi terpenting lebih sulit dibaca.

Itu adalah kesalahan langkah yang tidak biasa bagi tim Tumblr, yang biasanya memberikan visual terbaik, bahkan saat mereka berjuang untuk memuaskan komunitas mereka.

Menurut Senior Principal Backend Product Engineer di Tumblr, Cyle Gage, Hellsite High hanyalah awal dari rangkaian panjang akomodasi yang direncanakan untuk disediakan oleh platform. Demikian dikutip dari Mashable, Selasa, 19 April.