Google Password Manager Bisa Bagikan Kata Sandi ke Pihak Keluarga

JAKARTA – Pada awal tahun ini, Google terlihat sedang mengembangkan kemampuan berbagi kata sandi di Google Password Manager. Kini, fitur tersebut telah diluncurkan di versi terbaru Google Password Manager.

Ditemukan pertama kali oleh Android Authority, kemampuan berbagi kata sandi telah diluncurkan melalui Layanan Google Play versi terbaru untuk bulan Mei, yaitu v24.20. Pengguna sudah bisa menggunakan fiturnya di Google Chrome.

Google sengaja meluncurkan kemampuan baru ini untuk mempermudah pengelolaan kata sandi. Dengan diluncurkannya kemampuan baru ini, pengguna bisa membagikan kata sandi dengan orang yang ada di grup keluarga.

"Anda dapat membagikan sandi dengan aman kepada grup keluarga Anda di Google Password Manager. Saat Anda membagikan sandi, anggota keluarga Anda akan menerima salinan sandi tersebut di Google Password Manager mereka, yang siap digunakan," kata Google.

Dari tangkapan layar yang dibagikan Android Authority, pop-up fitur bagikan kata sandi akan muncul saat pengguna ingin mengedit atau mengatur username dan kata sandi. Pengguna akan melihat ikon bagikan di pojok kiri bawah layar.

Saat diklik, pengguna akan melihat pop-up lanjutan untuk mengonfirmasi pembagian kata sandi. Jika ingin langsung membagikan kata sandinya, pengguna hanya perlu mengetuk tombol Bagikan di pojok kanan bawah layar.

Hingga saat ini, fitur berbagai kata sandi baru terlihat di Google Chrome untuk perangkat seluler. Sepertinya, kemampuan baru ini masih dikembangkan untuk versi desktop sehingga belum terlihat di Chrome untuk Windows dan Mac.