Rakernas V PDIP Bakal Bahas Kongres Tahun Depan

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengatakan Kongres VI PDIP dilaksanakan pada 2025. Rakernas V yang digelar pada hari ini, Jumat, 24 Mei hingga Minggu, 26 Mei akan membahasnya.

“Kami akan melakukan konsolidasi organisasi partai dengan mengembalikan siklus kongres kembali ke tahun 2025,” kata Basarah kepada wartawan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei.

PDIP menggelar Kongres ke-V pada 2019 lalu. Ketika itu, Megawati Soekarnoputri kembali mendapat mandat sebagai Ketua Umum PDIP.

Adapun kongres ini dilakukan setiap lima tahun sekali. Sehingga, harusnya pelaksanaannya dilakukan pada tahun ini tapi ditunda.

Terkait penundaan itu, Basarah menyebut pada tahun 2024 PDIP lebih fokus dengan agenda nasional seperti Pilpres dan Pileg 2024. “Dan November nanti kita akan melaksanakan pilkada serentak,” tegasnya.

“Maka untuk kebutuhan konsolidasi dan pemantapan organisasi partai, menyukseskan agenda-agenda bangsa itu maka kongres akan diputuskan akan dikembalikan dalam siklus lima tahunan di 2025 yang akan datang dan instansi musyawarahnya akan dilakukan pada rapat kerja nasional pada kali ini,” sambung Basarah.

Sebagai informasi, PDIP menggelar Rakernas V selama tiga hari pada 24-26 Mei. Ada tiga agenda utama yang bakal dibahas.

Pertama terkait sikap politik partai berlambang banteng selama lima tahun mendatang atau di masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Agenda kedua Rakernas V PDIP adalah membahas program-program kerakyatan yang akan diusung PDIP.

Kemudian akan dibicarakan strategi pemenangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Pembahasan itu Pilkada akan dibagi dalam sejumlah sub-kelompok.