Tunggu Kepastian Tahapan Pemilu, PDIP Undur Gelaran Rakernas
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan rapat kerja nasional (rakernas) kedua partainya bakal digelar pada 21-23 Juni mendatang. Rakernas mundur dari yang sebelumnya direncanakan pada 10-13 Juni.

Hasto mengatakan mundurnya pelaksanaan tersebut disebabkan karena partainya masih menunggu tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Langkah ini diambil karena rakernas adalah tahapan untuk merancang kebijakan strategis di ajang kontestasi politik tersebut.

"Mengingat rakernas kedua ini untuk merancang suatu kebijakan strategis dalam rangka pemenangan pemilu pada 2024, maka mengapa terjadi beberapa kali penundaan karena menunggu kepastian dari KPU tersebut," kata Hasto kepada wartawan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Mei.

"Jadi rakernas akan dilaksanakan pada 21-23 Juni 2022," imbuhnya.

Rakernas ini, sambung Hasto, adalah rakernas untuk tahun 2021 yang sebelumnya tertunda pelaksanaannya. Adapun kegiatan tersebut memang harus dilaksanakan karena sesuai Kongres ke-V PDIP di Bali.

Terkait pelaksanaan kegiatan tahunan ini, Hasto bilang, tentu akan membahas seputar strategi PDI-P dalam berpolitik, khususnya Pemilu 2024.

"Sehingga, di sini lebih kepada kebijakan strategis partai di dalam melakukan pemenangan pemilu 2024, setelah pada Desember tahun lalu seluruh konsolidasi partai dinyatakan selesai," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan rakernas bakal dilaksanakan pada 21-23 Juni. Kabar ini juga disampaikan oleh Hasto Kristiyanto.

"Ibu Ketua Umum telah memutuskan Rakernas yang ke-dua tahun 2021 yang diadakan tahun 2022 akan dilakukan pada tanggal 21-23 Juni mendatang," ungkap Hasto dalam keterangan tertulisnya kemarin, Kamis, 26 Mei.

Terkait