Beda Presiden dan Pemimpin Tertinggi di Iran, Keputusan Terakhir di Ayatollah Ali Khamenei

YOGYAKARTA - Kabar meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi mengejutkan publik dunia. Salah satu tokoh paling berpengaruh di Iran tersebut tewas dalam insiden kecelakaan helikopter. Pasca peristiwa tersebut, tiga cabang pemerintahan Iran mengadakan rapat luar biasa. 

Di negara Iran, ketika seorang Presiden meninggal dalam posisi masih menjabat maka tugasnya akan diambil alih sementara oleh Wakil Presiden pertama. Untuk sementara ini, jabatan Presiden Iran dijalankan oleh wakilnya yaitu Iran Mohammad Mokhber. 

Mohammad Mokhber mengemban jabatan sebagai Presiden Iran sementara selaam 50 hari dengan persetujuan dari Pemimpin Tertinggi. Di negara ini, keputusan akhir untuk semua urusan berada di tangan Pemimpin Tertinggi yaitu Ayatollah Ali Khamenei. 

Adanya dua pemimpin di sistem birokrasi negara Iran ini cukup membuat banyak orang bingung. Lantas apa bedanya Presiden dan Pemimpin Tertinggi di Iran serta tugas-tugasnya?

Beda Presiden dan Pemimpin Tertinggi di Iran

Sistem pemerintahan di Iran memang berbeda dengan Indonesia, di mana di negara tersebut ada dua pemimpin. Dalam hal ini, kepergian Presiden Ebrahim Raisi dinilai tidak akan berpengaruh signifikan terhadap konflik yang sedang memanas di kawasan tersebut. 

Keputusan terkait kebijakan luar negeri dan perang masih berada di bawah wewenang Ayatollah Ali Khamenei selaku Pemimpin Tertinggi Iran. Berikut ini perbedaan Presiden dan Pemimpin Tertinggi di Iran serta perannya masing-masing.

Wewenang Pemimpin Tertinggi Iran

Pemimpin Tertinggi Iran adalah seorang yang berstatus sebagai kepala negara. Jabatan ini memiliki kekuasaan paling tinggi di negara Iran. Berdasarkan Konstitusi Republik Islam Iran, pemimpin tertinggi punya hak untuk memutuskan urusan negara termasuk kebijakan luar negeri dan program nuklir. 

Jabatan Presiden dalam sistem politik Iran memang dipilih langsung oleh suara rakyat. Namun posisi Presiden di negara ini masih di bawah kekuasan dari Pemimpin Tertinggi Agama atau yang disebut dengan Wali Faqih. Adanya seorang Wali Faqih ini menjadi ciri khas dari demokrasi di Iran. 

Wali Faqih atau Pemimpin Tertinggi menjadi penentu arah kebijakan pemerintah yang dijalankan oleh Presiden Iran. Hal ini berlaku meskipun menurut Konstitusi Republik Iran, posisi Presiden dalam pemerintahan adalah sebagai pemegang kekuasaan ekskutif tertinggi. 

Beda Tugas Pemimpin Presiden dan Pemimpin Tertinggi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pemimpin Tertinggi adalah seorang kepala negara dan panglima tertinggi di negara. Orang yang menduduki jabatan Pemimpin Tertinggi punya otoritas paling tinggi dan memegang keputusan terakhir untuk semua kepentingan negara. 

Sementara posisi Presiden adalah seorang pejabat terpilih teratas. Jabatan ini berada di peringkat kedua atau di bawah Pemimpin Tertinggi. Presiden bertugas dan bertanggung jawab menjalankan pemerintahan sehari-hari. Presiden juga pengaruh signifikan terhadap kebijakan dalam negeri dan urusan luar negeri. 

Sosok Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei

Jabatan Pemimpin Tertinggi Iran saat ini diduduki oleh Ayatollah Ali Khamenei. Ia memegang posisi tersebut usai sepeninggal pemimpin sebelumnya, yaitu Imam Khomeini. Sebagai informasi, posisi Pemimpin Tertinggi di negara ini baru berganti kekuasaan dua kali sejak tahun 1979. 

Dilansir dari laman resmi pemerintahan Iran, Rahbar atau Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei lahir pada 16 Juli 1939. Ia merupakan anak dari almarhum Hujjatul Islam wal Muslimin Haj Sayyid Javad Husaini Khamenei. 

Ali Khamenei termasuk salah satu murid Imam Khomenei. Ali diangkat oleh Dewan Ahli untuk menggantikan Imam Khomeini menjabat sebagai Rahbar atau Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran dimulai sejak 1989. 

Demikianlah ulasan mengenai beda Presiden dan Pemimpin Tertinggi di Iran. Meski Iran memiliki Presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, namun keputusan terakhir terkait semua urusan negara berada di tangan Pemimpin Tertinggi. Baca juga keistimewaan Kota Isfahan Iran yang megang dan menyimpan sejarah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.