Suzuki Dzire Generasi Terbaru akan Gunakan Mesin dan Teknologi dari Swift Terbaru

JAKARTA - Suzuki telah meluncurkan Swift generasi terbaru untuk pasar India. Mobil ini mengalami banyak perubahan mulai dari desain hingga penambahan sejumlah fitur.

Namun, pabrikan tidak ingin berhenti sampai di situ. Suzuki berniat untuk meluncurkan Dzire generasi terbaru pada tengah tahun ini. Dikabarkan, sedan kompak ini akan memiliki mesin yang sama seperti yang diusung Swift terbaru, apalagi sejak kemunculannya pada 2008 Dzire dikembangkan sebagai variasi sedan dari hatchback Swift.

Dilansir dari Gaadiwaadi, Jumat, 17 Mei, mobil tersebut akan ditenagai mesin seri Z terbaru 1,2 liter 3-silinder naturally-aspirated. Selain itu, Dzire juga akan memakai platform yang sama dengan Swift yakni Heartect.

Mesin tersebut disebut akan memiliki tenaga hingga 82 ps dan torsi 112 Nm. Suzuki juga akan menyediakan opsi transmisi manual lima percepatan dan lima percepatan otomatis. Alhasil, Dzire akan memiliki efisiensi bahan bakar yang serupa dengan Swift.

Sebagai gambaran, Suzuki Swift memiliki efisiensi BBM hingga 25,75 km/l. Selain itu, bagian internalnya dilengkapi dengan water pump sebagai pendinginan mesin serta sensor air-flow Lambda yang dapat menurunkan emisi CO2 hingga 12 persen.

Tidak hanya berbagi komponen internal, Dzire juga akan mendapatkan sejumlah teknologi serupa seperti Swift, di antaranya sistem infotainmen touchscreen 9 inci dengan konektivitas smartphone, pengisi daya nirkabel, 6 airbag, hill hold control, auto climate control, cruise control, serta lampu depan dan belakang LED.

Hal menarik lainnya, kemungkinan Dzire akan dilengkapi dengan sunroof. Diharapkan harganya akan serupa dengan Swift yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu dan akan menjadi pesaing dari Honda Amaze.

Untuk gambaran harga, Suzuki Swift sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari 649.000 rupee (setara Rp124,6 jutaan) hingga yang termahal mencapai 964.500 rupee (sekitar Rp185,2 jutaan).