Astronot NASA untuk Misi Artemis Simulasikan Aktivitas di Bulan

JAKARTA – Selain mempersiapkan pesawat ruang angkasa dan memastikan sistemnya aman, NASA juga harus memperhatikan kinerja para astronotnya. Hal ini perlu dilakukan agar misi Artemis berjalan dengan sukses.

Maka dari itu, NASA menggelar praktik moonwalk untuk menyimulasikan berbagai aktivitas astronot selama berada di Bulan. Praktik moonwalk ini digelar di San Francisco Volcanic Field, dekat Flagstaff, selama seminggu.

Pengujian lapangan ini diikuti oleh Astronot NASA, Kate Rubins dan Andre Douglas. Kedua astronot itu menggelar empat simulasi yang disesuaikan dengan operasi untuk misi Artemis III dan seterusnya. Mereka juga menguji enam teknologi yang dibawa ke Bulan.

Selama praktik moonwalk digelar, para insinyur dan ahli lapangan NASA juga ikut hadir untuk mengamati jalannya simulasi. Tim pengontrol penerbangan dan ilmuwan dari Johnson Space Center hadir untuk memantau dan memandu aktivitas para astronot.

"Uji lapangan memainkan peran penting dalam membantu kami menguji semua sistem, perangkat keras, dan teknologi yang kami perlukan untuk melakukan operasi bulan yang sukses selama misi Artemis,” kata Direktur Uji Lapangan, Johnson Barbara Janoiko.

Sesuai dengan penjelasan Janoiko, ada beberapa teknologi yang diuji para astronot. Salah satu teknologi yang diuji adalah, "kemampuan tampilan dan aliran data navigasi dalam bentuk tampilan pendahuluan menggunakan augmented reality atau suar pencahayaan."

Cherie Achilles, Petugas Sains untuk Pengujian di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, mengatakan bahwa praktik penjelajahan ini sangat diperlukan. Pasalnya, para astronot akan menjadi pemandu seluruh tim sains selama mereka berada di Bulan.

"Selama Artemis III, para astronot akan menjadi operator sains kami di permukaan bulan dengan seluruh tim sains mendukung mereka dari sini di Bumi,” kata Achilles. “Simulasi ini memberi kita kesempatan untuk berlatih melakukan geologi dari jauh secara real time.” 

Selain menguji teknologi dan mempraktikkan tugas para astronot secara langsung, simulasi moonwalk juga mengevaluasi tantangan di lokasi operasi, yaitu kutub utara Bulan, dan mencoba mengumpulkan data serta komunikasi antara tim kontrol penerbangan dan tim sains.