Aturan Foto Paspor di Indonesia bagi Pria Maupun Wanita Berhijab

YOGYAKARTA - Paspor merupakan dokumen resmi yang dibutuhkan oleh warga negara Indonesia untuk bepergian ke luar negeri. Banyak masyarakat Indonesia yang membuat paspor demi tujuan berlibur ke luar negeri, melakukan perjalanan bisnis, ataupun menjalani studi di negara lain.

Setiap orang bisa membuat paspor sebelum bepergian ke luar negeri. Kantor imigrasi membuka layanan pembuatan paspor bagi orang dewasa maupun anak-anak. Prosedur permohonan paspor untuk anak-anak juga tidak jauh berbeda dengan paspor biasa.

Pemohon paspor akan menjalani berbagai tahapan pembuatan paspor, termasuk pengambilan foto. Pastinya Anda ingin memiliki foto terbaik untuk tersemat dalam kartu paspor. Bagi Anda yang berniat membuat paspor maka perlu tahu aturan foto paspor di Indonesia dan ketentuannya.

Aturan Foto Paspor di Indonesia

Pegambilan foto untuk pembuatan paspor harus dilakukan sebaik mungkin karena akan digunakan di paspor yang berlaku 10 tahun. Pemohon paspor tidak hanya perlu memperhatikan penampilan wajah dan gaya rambut. Namun juga harus mematuhi ketentuan mengenai pakaian yang dikenakan saat berfoto. 

Berikut ini beberapa aturan foto paspor di Indonesia bagi Anda yang baru akan membuat paspor:

Menghindari Pakaian Berwarna Putih

Saat take foto paspor, disarankan untuk memilih pakaian dalam warna gelap seperti hitam, abu-abu, atau warna gelap lainnya. Hindari mengenakan baju putih karena akan menyatu dengan latar belakang foto yang juga putih.

Penampilan Rapi

Untuk tampil profesional dalam foto paspor, disarankan memakai pakaian yang rapi dan berkerah. Pilihan pakaian rapi yang cocok untuk Anda gunakan, yaitu kemeja berkerah dengan lengan panjang atau pendek. Jika menggunakan hijab, disarankan memilih blouse atau atasan yang sesuai dengan warna hijab.

Meskipun hanya bagian atas tubuh yang akan terlihat dalam foto paspor, pastikan baju yang Anda pakai dalam keadaan rapi. Selain itu hindari memakai celana pendek atau sandal jepit saat proses pengambilan foto. Penampilan harus tetap rapi dan profesional saat berkunjung ke kantor imigrasi.

Hindari Memakai Kacamata

Ketika menggunakan kacamata, petugas di kantor imigrasi akan meminta untuk melepasnya saat pengambilan foto. Foto pada paspor dimaksudkan untuk menunjukkan identitas secara alami. Oleh karena itu, kantor imigrasi Indonesia tidak mengizinkan penggunaan kacamata atau benda lain yang bisa menghalangi wajah.

Rambut Tidak Menutupi Telinga dan Mata

Dalam foto, seluruh bagian wajah harus terlihat dengan jelas. Rambut panjang bisa disusun ke belakang telinga dan bahu untuk memastikan dahi dan mata tidak tertutup. Anda bisa mengatur rambut terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang foto ataupun saat berada di dalamnya. 

Menunjukkan Ekspresi Natural

Ketika berfoto paspor, disyaratkan untuk menampilkan ekspresi wajah netral. Senyum diperbolehkan tetapi tanpa menampilkan gigi. Ketika berpose untuk foto paspor, kamu diizinkan untuk tersenyum. 

Biasanya petugas foto di kantor imigrasi akan mengintruksikan untuk menampilkan senyum tanpa menampakkan gigi, sehingga wajah terlihat netral dalam foto paspor. Selain itu, disarankan untuk duduk dengan posisi tegak dan pandangan mata lurus ke arah kamera untuk mendapatkan hasil foto yang optimal.

Penggunaan Kerudung Tidak Menutupi Area Tertentu

Untuk wanita berhijab atau memakai kerudung, terdapat beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Pastikan bahwa kerudung yang dipakai tidak menutupi bagian wajah seperti dahi, alis, dan dagu. Selain itu, disarankan untuk menghindari penggunaan kerudung berwarna putih karena latar belakang foto adalah putih.

Demikianlah informasi aturan foto paspor di Indonesia yang perlu dipahami bagi Anda yang berencana membuat paspor. Untuk permohonan atau pendaftaran pembautan paspor bisa Anda lakukan secara online atau datang langsung ke kantor imigrasi. Baca juga cara membuat paspor untuk anak secara online

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.