Jangan Menyesal, Ketahui Tiga Hal Ini Sebelum Membeli Layanan iCloud

JAKARTA – Perangkat apa pun pasti akan kehabisan memori setelah digunakan cukup lama, tak terkecuali iPhone dan iPad. Jika Anda sedang merasakan hal ini, Anda mungkin sedang berpikir untuk menggunakan iCloud.

Tak ada yang salah dengan menggunakan iCloud karena layanan dari Apple ini bisa sangat membantu dalam mengelola data. Namun, mengutip dari How to Geek, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli iCloud.

iCloud Tak Menjamin Pengurangan Memori

Banyak orang yang salah paham mengenai fungsi dari iCloud. Layanan ini memang memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan berbagai data seperti foto, musik, dan file. Namun, iCloud tidak menambah jumlah penyimpanan internal di perangkat Anda.

Setelah membeli iCloud, penyimpanan internal Anda akan tetap penuh karena layanan cloud ini tidak langsung menghapus file dari penyimpanan internal Anda. Layanan cloud hanya meringankan beban, bukan mengosongkan ruang penyimpanan internal.

Mengoptimalkan Penyimpanan dengan iCloud

Kesalahan lainnya yang banyak dilakukan orang setelah membeli iCloud adalah mengabaikan opsi untuk mengoptimalkan penyimpanan. Padahal, hal ini penting untuk dilakukan agar iCloud+ bisa berfungsi dengan baik di iPhone Anda.

Jika Anda mengoptimalkan penyimpanan di iCloud, foto dan video beresolusi tinggi akan tersimpan di layanan tersebut secara otomatis. Untuk mengaktifkan fiturnya, buka Pengaturan dan klik Nama Anda terlebih dahulu.

Setelah itu, buka menu iCloud dan pilih Foto. Berikutnya, pilih opsi Optimalkan Penyimpanan iPhone. Jika sudah aktif, iPhone Anda akan mengelola penyimpanan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengurangi ruang penyimpanan internal secara manual.

Berlangganan iCloud Selamanya

Perlu diingat, iCloud merupakan layanan yang harus dibayar selamanya, kecuali jika Anda berhenti menggunakan perangkat buatan Apple. Anda harus menyisihkan uang setiap bulannya dan membayar tepat waktu agar data Anda tidak mengalami masalah.

Satu hal yang perlu diingat adalah harga layanan iCloud mungkin bertambah seiring berjalannya waktu. Jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, Anda harus yakin bahwa Anda sanggup dan bisa membayar tagihannya setiap bulan.