Lexus Berniat Ubah Sedan ES Menjadi Listrik Murni, Ini Buktinya

JAKARTA - Bukan sebuah rahasia lagi bila merek premium seperti Lexus mengkukuhkan komitmennya untuk terjun ke elektrifikasi sepenuhnya. Meskipun hanya satu model EV di pasaran saat ini, yakni RZ 450e, pabrikan berniat untuk perluas portofolionya di segmen ini.

Lexus akan melakukan berbagai cara untuk memperbanyak model EV di masa depan, salah satunya merevolusi model saat ini terdiri dari ICE atau hybrid menjadi listrik sepenuhnya. Ini dibuktikan bahwa mereka mengajukan merek dagang baru menunjukkan model ES akan mendapatkan powertrain hybrid dan listrik sepenuhnya yang baru.

Dilansir dari Carscoops, Kamis, 9 Mei, merek yang berada di bawah naungan Toyota ini mengajukan nama ES350h sebagai versi hybrid dan ES350e serta ES500e untuk versi listriknya.

Huruf yang diberikan setelah angka terakhir menunjukkan identitas dan powertrain yang akan diusung oleh model tersebut. Seperti “h” untuk model hybrid, kemudian “h+” untuk Plug-In Hybrid (PHEV), dan “e” untuk listrik atau EV murni.

Saat ini, sulit untuk berspekulasi mengenai opsi powertrain listrik karena Toyota dan Lexus belum mengungkap model listrik sepenuhnya berdasarkan arsitektur TNGA-K untuk model premium.

Spekulasi mengenai diubahnya Lexus ES menjadi sepenuhnya listrik sudah terdengar sejak Desember 2021 lalu ketika pabrikan merilis sebuah teaser menunjukkan model masa depan elektrifikasi merek berlogo “L” ini.

Saat ini, Lexus menjual ES generasi keenam yang telah hadir sejak 2018 lalu dengan menerima sejumlah peningkatan mulai 2021 lalu. Idealnya, tahun 2025 merupakan tahun dimana generasi terbarunya akan hadir, namun ada kemungkinan jenama dari Jepang ini kembali menghadirkan versi facelift keduanya menawarkan versi hybrid dan EV.

Lexus berencana menawarkan model EV sepenuhnya pada setiap mobil terbarunya pada 2030 mendatang dengan tujuan menjadi brand premium EV mulai 2035.