Bagikan:

JAKARTA - Kabar gembira bagi para pecinta BMW M di seluruh dunia. Pasalnya, pabrikan dari Jerman ini secara resmi meluncurkan M4 CS terbaru. Ini merupakan pertama kalinya edisi CS dihadirkan pada basis M4 generasi kedua.

Menurut lansiran laman resmi merek, Rabu, 8 Mei, M4 CS terbaru usung teknologi sasis yang telah disesuaikan agar performa mesin dapat menyatu dengan karakteristiknya yang dinamis.

Mobil ini didukung oleh sejumlah penyetelan personalisasi dan pengaturan camber pada roda, peredam pegas, dan batang anti-roll yang dibuat secara khusus untuk mengoptimalkan gaya berkendara presisi.

4

Demi memaksimalkan kapasitas dari M4 CS, BMW memberinya peredam suspensi M adaptif yang dapat diatur secara elektronik. Selain itu, dihadirkan juga sistem Dynamic Stability Control (DSC) dan M Dynamic Mode yang dapat menyesuaikan kebutuhan spesifik berkendara di sirkuit secara dinamis.

BMW menggunakan komponen yang terbuat dari Carbon Fibre-Reinforced Plastic (CFRP) yang berperan dalam meringankan bobot kendaraan ini. Atap serat karbon adalah contoh utama, bobotnya yang ringan membuat pusat gravitasi mobil lebih dekat ke jalan sehingga meningkatkan kelincahan dan dinamika menikung.

Kap mesin, splitter depan, saluran masuk udara depan, tutup kaca spion luar, diffuser belakang, dan spoiler belakang bergaya Gurney juga dibuat dari bahan ringan dan berteknologi tinggi ini.

3

Interior juga menggunakan bahan ini pada bagian konsol tengah, shift paddle di belakang kemudi, dan elemen trim interior. Model edisi khusus ini juga hadir sebagai standar dengan jok bucket M Carbon, yang konstruksinya meminimalkan bobot dengan menonjolkan penggunaan CFRP pada elemen struktural bantalan dan sandaran kursi serta potongan yang menarik pada bagian belakang.

Selain itu, sistem pembuangan hadir lebih ringan 4 kg berkat penggunaan peredam belakang berbahan titanium. Jadi, secara keseluruhan, desain ringan membuat bobot mobil ini turun sekitar 20 kilogram dibandingkan M4 Competition Coupé M xDrive.

5

BMW M4 CS terbaru dibekali dengan mesin 6-silinder segaris yang memproduksi tenaga hingga 550 dk atau meningkat 20 dk dibandingkan dengan M4 Competition Coupe M xDrive dengan torsi puncak 650 Nm.

Mesin dengan tenaga gahar ini didukung dengan transmisi delapan percepatan M Steptronic dengan Drivelogic serta sistem penggerak all-wheel drive M xDrive yang dikembangkan secara khusus.

Dengan demikian, mobil sedan sporty ini dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik dan 0 ke 200 km/jam dalam 11,1 detik saja. M4 edisi spesial ini dapat berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 302 km/jam.

Selain itu, BMW M4 CS terbaru juga telah lakoni uji coba di sirkuit legendaris Nurburgring Nordschleife dengan memperoleh catatan waktu resmi 7 menit 21,9 detik di lintasan terdiri dari 154 tikungan ini.

Mobil ini akan dirakit di pabrik Dingolfing milik BMW di Jerman pada Juli 2024 mendatang. Perusahaan akan membuka fase pemesanan pada akhir Mei dengan harga 123.500 dolar AS (sekitar Rp1,9 miliaran).