Ketahui Batas Waktu Duduk yang Aman untuk Kesehatan, Kapan Harus Beristirahat?

YOGYAKARTA – Duduk terlalu lama ternyata bisa memicu kekakuan otot dan sendi. Selain itu, terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan nyeri di bagian tubuh seperti pinggang dan punggung. Berbagai permasalahan tersebut dapat dihindari asalkan Anda tahu batas waktu duduk yang aman untuk kesehatan.

Efek Duduk Terlalu Lama bagi Kesehatan

Duduk terlalu lama dapat mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan otot punggung. Jika dilakukan dalam waktu yang lama, ini akan memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah dan tekanan darah, serta memperlambat kerja metabolisme dan pengurian lemak tubuh.

Inilah alasan mengapa duduk terlalu lama sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, obesitas, kanker, dan dimensia. Risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah juga diketahui bisa meningkat.

Duduk terlalu lama ditambah dengan posisi duduk yang tidak benar bisa memunculkan rasa nyeri pada punggung, bahu, dan pinggul.

Kebiasaan ini juga membuat kepadatan tulang menurun dan berisiko terkena osteoporosis lebih cepat.

Tak hanya memengaruhi kesehatan fisik, duduk terlalu lama juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Belum dapat dipastikan kaitan antara duduk terlalu lama dengan kondisi menta. Namun, risiko kecemasan dan depresi diketahui lebih tinggi ketika setiap hari sering dihabiskan dengan duduk dan tidak aktif bergerak.

Batas Waktu Duduk yang Aman untuk Kesehatan

Sedianya, tidak ada aturan pasti tentang berapa lama waktu duduk yang dikatakan terlalu lama. Akan tetapi, jika pekerjaan Anda sebagian besar dilakukan dalam posisi duduk, Anda disarankan untuk mulai mengurangi intensitasnya.

Untuk mencegah efek duduk terlalu lama, para ahli menyarankan agar Anda mengambil istirahat dari posisi duduk setiap 30 atau 60 menit sekali. Di waktu ini, Anda bisa berdiri, berjalan-jalan, atau naik-turun tangga. Anda juga memanfaatkan waktu istirahat dengan melakukan peregangan ringan.

Tak cukup sampai disitu, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari efek duduk terlalu lama:

  • Menyejajarkan layar monitor dengan mata agar Anda tidak membungkuk atau mendongak ketika melihat layar.
  • Sesuaikan cahaya monitor agar tidak terlalu terang atau gelap.
  • Gunakan kursi yang bisa menyangga punggung dengan baik. Anda juga bisa memakai bantal untuk membuat punggung lebih nyaman bersandar.
  • Sesuaikan tinggi kursi dan meja dengan tubuh Anda. Posisi duduk yang benar adalah jika tinggi lutut berada sedikit di bawah pinggang.
  • Sesuaikan tinggi meja dan kursi agar posisi siku hingga jari tangan lurus ketika mengetik.
  • Gunakan pijakan atau kursi kecil agar kaki bisa menjejak dengan nyaman. Hindari berjinjit atau menyilangkan kedua kaki, sebab bisa membuat kaki kesemutan.
  • Gunakan sandaran pergelangan tangan jika anda cukup sering menggunakan mouse.

Demikian informasi tentang batas waktu duduk yang aman untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.