Otoritas Olahraga Arab Saudi Rencanakan Pertarungan Tyson Fury vs Anthony Joshua pada Maret 2025

JAKARTA - Tanggal baru untuk pertarungan Tyson Fury vs Anthony Joshua terungkap. Otoritas Olahraga Arab Saudi yang dipimpin Turki Alalshikh menjadwalkan duel itu pada Maret 2025.

Meski demikian, tanggal tersebut masih bisa berubah. Turki Alashikh menyebut rencana pertarungan Fury vs Joshua bergantung kepada hasil duel perebutan gelar juara dunia kelas berat tak terbantahkan antara Fury vs Oleksandr Usyk pada 18 Mei 2024.

Soalnya, bentrok Fury vs Usyk menyertakan klausul pertandingan ulang. Menurut rencana, klausul duel ulang berlangsung pada 12 atau 13 Oktober 2024.

Jika duel ulang benar terlaksana dan Fury tidak mengalami cedera serius maka jadwal pertarungan melawan Joshua tetap sesuai rencana.

Pemilihan tanggal tersebut dirasa sesuai oleh Turki Alalshikh. Soalnya, Joshua juga akan kembali naik ring pada September 2024.

Dia akan menghadapi pemenang antara Filip Hrgovic vs Daniel Dubois untuk perebutan sabuk IBF. Duel Hrgovic vs Dubois pun akan dihelat pada 1 Juni 2024.

"Kapan pun mereka memberi tahu saya bahwa ada tanggalnya, Anda tahu saya akan siap 100 persen. Itu akan terjadi di London, Stadion Wembley."

"Inilah yang diberitahukan kepadaku. Jika itu yang mereka katakan, biasanya mereka akan mendukung perkataan mereka. Jadi, ayo lakukan saja."

"Wembley, 20 atau 21 September," kata Anthony Joshua kepada talkSPORT.

Walau digadang-gadang akan menghadapi pemenang Hrgovic vs Dubois, Anthony Joshua menegaskan siap siapa pun lawannya.

"Pada tanggal 1 Juni di Arab Saudi mereka mendapat kartu 5 vs 5. Ada Filip Hrgovic vs Daniel Dubois, dan Anda punya Zhilei Zhang vs Deontay Wilder."

"Jadi, jika salah satu dari mereka terlihat bagus, tampil terbaik, Yang Mulia Turki Alalshikh berkata kepada saya, 'Saya ingin Anda melawan (dia).'"

"Apa yang dia katakan adalah, 'Pada masa depan saya ingin orang-orang melihat kembali rekor Anda dan mengatakan bahwa Anda mengambil yang terbaik.'"

"Saya berkata, 'Sekarang kamu berbicara dalam bahasa saya.' Jadi, saya yakin itulah yang akan saya lawan, salah satunya," ujar Joshua lagi.

Turki Alalshikh sudah membocorkan rencana pertarungan Joshua vs Fury. Namun, Anthony Joshua enggan memikirkan pertarungan yang masih tahun depan itu.

Dia saat ini fokus ke duel terdekat pada September 2024 untuk sabuk IBF. Toh, kemenangan di bentrok tersebut akan membawanya kepada duel pertarungan melawan Fury.

"Kami berada di halaman yang sama dan dia juga berada di halaman yang sama dengan para penggemar. Namun, Fury mempunyai kewajibannya terhadap Oleksandr Usyk."

"Jadi, saya harus memastikan saya tetap fokus dan disiplin. Teruslah melaju melewati lawan sehingga saya bisa semakin dekat untuk mendapatkan peluang melawan Tyson Fury," tutur AJ lagi.

Sebelumnya, Anthony Joshua kembali ke ring pada Maret 2024. Dia mampu mengalahkan Francis Ngannou dengan KO.