6 Cara Mengatasi Rambut Kusut dan Kering biar Kembali Lembut Berkilau

YOGYAKARTA - Rambut kusut dan kering memang bikin kurang percaya diri. Selain mengganggu penampilan, kondisi rambut ini juga sulit diatur atau gampang terlihat berantakan. Ada beberapa tips mengatasi rambut kusut dan kering yang bisa Anda terapkan. 

Sebaiknya Anda memahami dulu apa penyebab rambut menjadi kering dan kusut. Kondisi ini bisa terjadi karena minyak di kulit kepala tidak cukup menutrisi batang rambut. Beberapa faktor eksternal juga dapat mengakibatkan rambut kering, seperti penggunaan bahan kimia dan alat penata rambut, keramas dengan air hangat, cuaca panas, paparan sinar UV, dan lainnya. 

Sejumlah faktor di atas memicu kerusakan korteks dan kutikula rambut. Dampaknya, rambut menjadi kusut dan kering serta tidak berkilau. Selain itu, bertambahnya usia juga mempengaruhi rambut yang rentan rusak. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan rambutnya. 

Jika mengalami hal itu, Anda masih bisa mengembalikan tampilan rambut menjadi lembut, berkilau, serta sehat. Lantas bagaimana cara atau tips mengatasi rambut kusut dan kering yang harus dilakukan?

Cara Mengatasi Rambut Kusut dan Kering

Rambut kering dan kusut bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena mempengaruhi kesehatan rambut dalam waktu lama dan mengganggu penampilan. 

Kunci dari menjaga kesehatan rambut adalah dengan perawatan secara rutin dan pemakaian produk yang tepat. Berikut ini beberapa tips mengatasi rambut kusut dan kering yang dapat Anda praktikkan:

Memilih Shampo yang Bersifat Melembabkan dan Lembut

Shampo yang memiliki formula lembut dan melembabkan adalah pilihan tepat untuk mengatasi masalah rambut kering dan kusut. Jenis shampo ini sangat efektif dalam mengurai rambut yang kusut dan mengembalikan kelembaban pada serat rambut. 

Jika Anda memiliki rambut keriting, disarankan untuk menggunakan hydrating detox shampoo yang dapat memberikan nutrisi pada rambut Anda. Saat memilih shampo atau conditioner, perhatikan kata kunci seperti moisturizing, moisture control, atau frizz control.

Menggunakan Hair Serum

Serum merupakan produk perawatan rambut yang sangat bermanfaat untuk membantu meratakan serat rambut dan memberikan tampilan yang lebih halus. Pilihlah serum yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan. Misalnya kandungan seperti Dimethicone, yang dapat meratakan dan melembutkan serat rambut secara efektif.

Memakai Essential Oil

Cara lain untuk mengatasi rambut kusut adalah menggunakan essential oil. Langkah ini sangat penting diterapkan karena rambut yang kusut cenderung kehilangan banyak kelembaban. 

Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni dari akar hingga ujung rambut, lalu biarkan selama sekitar 20 menit agar minyak dapat meresap. Setelah dioleskan merata, tutup rambut dengan hairnet atau handuk agar minyak meresap ke dalam rambut dan kulit kepala.

Menggunakan Masker Rambut secara Rutin

Tips lain yang efektif untuk mencegahnya rambut kering adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Pilihlah masker rambut yang dapat membantu menjaga kelembaban. 

Masker rambut sangat baik untuk memulihkan kelembaban dan hidrasi rambut, serta membantu mencegah rambut menjadi kusut. Gunakan masker ini satu setiap tiga kali dalam seminggu untuk rambut yang lebih kuat dan lebih mudah diatur.

Memangkas Rambut secara Teratur

Ujung rambut yang bercabang dapat menyebabkan batang rambut menjadi lebih lebar, hingga membuat rambut kusut. Untuk mencegah rambut menjadi kering, sangat penting menjaga ujung rambut tetap halus dan dipotong secara teratur. Disarankan memotong rambut setiap 6-8 minggu guna mencegah kekusutan akibat rambut yang bercabang.

Membiarkan Rambut Mengering secara Alami

Penggunaan pengering rambut non-ionik dapat merusak rambut dan menyebabkannya menjadi kusut. Sebaiknya batasi penggunaan pengering rambut dan biarkan rambut mengering secara alami. 

Salah satu teknik pengeringan rambut secara alami adalah dengan menggunakan kaos katun. Gunakan kain ini sebagai pembalut dan pengering rambut setelah mandi atau rambut basah. Namun jika Anda terburu-buru dan harus menggunakan pengering rambut, pastikan pakai pengering ionik dan mengaplikasikan cairan pelindung panas.

Demikianlah beberapa tips mengatasi rambut kusut dan kering yang perlu Anda tahu. Untuk menghindari rambut kering dan kusam, pastikan melakukan perawatan secara rutin dan memilih produk yang cocok karakter rambut Anda. Baca juga cara merawat rambut supaya tetap lembab dan berkilau.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.