Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beberapa tips agar rambut tidak mengembang dan bergelombang. Karena rambut mengembang dan bergelombang seringkali menjadi momok bagi banyak orang, terutama mereka yang memiliki rambut ikal atau keriting.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut ini. Artikel ini akan memberikan tips-tips efektif agar rambutmu tetap lembut, halus, dan mudah diatur.

Tips agar rambut tidak bergelombang

Dilansir dari Good Housekeeping, Stephen Thevenot dan Butler, penata rambut yang berbasis di New York City membagikan beberapa tips terbaik untuk mengatasi rambut kusut agar rambut Anda tetap halus dan berkilau, berikut beberapa di antaranya:

  • Potongan yang baik

Singkirkan ujung rambut yang kering dan bercabang. Ujung bercabang dapat naik ke setiap helai rambut, dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan menimbulkan gelombang.

Jadi sebaiknya potong rambut (bahkan hanya sedikit) ketika Anda mulai melihat ujung rambut yang bercabang. Jika Anda tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, Thevenot merekomendasikan potongan rambut dengan garis yang tegas.

"Ini membantu menjaga bobot potongan rambut, yang juga membantu menjaga rambut tetap turun," katanya.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

  • Turunkan Suhu saat Mandi

Meskipun mandi air panas mungkin terasa nyaman pada otot yang lelah, hal ini dapat merusak rambut Anda.

"Suhu air dapat menyebabkan kutikula terangkat," kata Thevenot. "Ketika kutikula terangkat, rambut membutuhkan lebih banyak kelembapan." Anda tidak perlu merasa seperti sedang mandi air dingin, Anda bisa memilih air hangat, tetapi tidak terlalu panas.

  • Cuci dengan Baik

Meskipun sampo dibilas dengan cepat, formula yang Anda beli dapat membuat perbedaan. Sampo penjernih mungkin terlalu menghilangkan minyak alami rambut. Jadi, untuk mengatasi rambut mengembang, gunakan sampo yang diformulasikan untuk rambut kering.

"Mereka mencegah frizz karena memiliki bahan kondisioner yang membantu rambut tetap halus," jelas Butler.

Agar rambut tidak bergelombang, pastikan keramas dengan baik dan benar (freepik)
  • Gunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner yang tepat dapat menjadi perubahan besar untuk melawan frizz. Meskipun kondisioner klasik selalu bermanfaat, Anda bahkan dapat menerapkan dosis pelembab ekstra setelah keluar dari kamar mandi.

  • Kurangi Gesekan

Saat mengeringkan rambut, menggosok dengan handuk mandi katun dapat mengganggu kutikula rambut. Sebagai gantinya, Thevenot merekomendasikan mengeringkan rambut dengan turban handuk untuk mengurangi gesekan.

 Turban ini seringkali terbuat dari kain microfiber, yang lebih lembut daripada katun. Anda juga dapat mengurangi gesekan dengan mengganti sarung bantal katun Anda dengan sarung bantal sutra.

"Sutra alami akan memiliki potensi yang lebih rendah untuk menghasilkan listrik statis daripada bahan sintetis," kata Butler. "Mengenakan topi pelindung adalah cara lain untuk mengurangi gesekan pada rambut Anda saat tidur."

  • Oleskan Styler

Untuk meminimalkan frizz sejak awal, kunci kelembapan segera setelah mandi adalah dengan menyisir perawatan rambut  leave-in melalui rambut basah. Kondisioner leave-in, pelindung panas.

Kemudian produk anti-frizz apa pun harus dioleskan dalam beberapa menit setelah keluar dari kamar mandi, sebelum uap kamar mandi dapat mulai menyebabkan frizz.

  • Melindungi Rambut dari Panas

Thevenot merekomendasikan meminimalkan penggunaan alat pemanas pada rambut Anda. Cara ini akan mengurangi kerusakan pada rambut Anda, dan menurunkan kemungkinan terjadinya frizz.

Selain tips agar rambut tidak mengembang dan bergelombang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!