Suzuki Buka Masa Pemesanan Swift Generasi Terbaru di India

JAKARTA - Suzuki secara resmi membuka masa pemesanan pada all-new Swift yang kemungkinan akan diluncurkan pada 9 Mei mendatang di India.

Dilansir dari Autocar India, Kamis, 2 Mei, pabrikan berlogo “S” ini mengumumkan harga pemesanan sekitar 11.000 rupee (sekitar Rp2,1 jutaan) yang bisa dilakukan secara online maupun melalui jaringan dealer setempat.

Model tersebut akan menjadi generasi keempat dari seri hatchback populer tersebut dan hadir dengan perubahan baik dari eksterior, interior, fitur, hingga jantung pacu dengan teknologi terkini.

Mobil ini akan hadir berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, salah satu ubahannya ialah terdapat warna hitam pada pilar C seperti halnya Hyundai i20. Selain itu, kamera mundur akan ditempatkan pada tutup bagasi.

Dikabarkan juga varian teratas akan mendapat lampu sepenuhnya LED. Bumper depan dan belakang akan terlihat berbeda dibandingkan dengan spesifikasi globalnya. Swift akan dihiasi oleh pelek yang sama seperti versi global, namun trim menengah akan mendapatkan pola yang unik.

Dari sisi jantung pacu, pabrikan belogo ‘S’ ini akan membekali Swift dengan mesin Z Series 1,2 liter 3-silinder yang telah diperkenalkan pada spesifikasi Jepang tahun lalu. Menurut perusahaan, mesinnya akan memfokuskan pada pengurangan emisi, efisiensi BBM, dan tenaga.

Kemungkinan mesin terbaru ini akan memproduksi tenaga hingga 90 dk dan torsi 113 Nm serta dibekali dengan sistem mild-hybrid. Meskipun informasinya terbatas, diperkirakan Swift akan menggunakan transmisi manual lima percepatan dan girboks AMT.

Untuk pasar India, Swift terbaru akan menjadi rival dari Hyundai Grand i10 Nios dan Citroen C3. Diperkirakan, hatchback ini akan alami kenaikan harga dibandingkan generasi sebelumnya antara 624.000 hingga 883.000 rupee (setara Rp121,1 jutaan sampai Rp171,4 jutaan).