WhatsApp Hadirkan Fitur Face Unlock untuk Pixel 8 dan 8 Pro

JAKARTA - Hampir semua perangkat, termasuk seri Google Pixel 8, hanya bisa menggunakan kata sandi dan autentikasi biometrik sidik jari untuk membuka WhatsApp. Namun, kini ada sedikit perubahan untuk seri Pixel 8.

Mengutip dari laporan 9to5google, fitur Keamanan Aplikasi di WhatsApp kini menghadirkan kemampuan autentikasi biometrik face unlock, tetapi khusus untuk Pixel 8 dan 8 Pro. Artinya, perangkat Android lainnya tidak akan menemukan fitur tersebut.

Jika pengguna mengaktifkan Keamanan Aplikasi dan ingin menggunakan autentikasi face unlock, lembar verifikasi akan mengalami sedikit perubahan. Pengguna akan melihat tanda face unlock di bagian bawah layar dan ruang untuk memperlihatkan wajah.

Ketika wajah tidak terlihat atau tidak teridentifikasi, WhatsApp akan beralih ke verifikasi sidik jari. Sepertinya, dukungan face unlock ini hanya tersedia di seri Pixel 8 karena perangkat tersebut menggunakan Tensor G3 dan algoritme Machine Learning (ML) tingkat lanjut.

Selain opsi verifikasi aplikasinya yang berubah, halaman verifikasinya juga telah diperbarui. Sebelumnya, layar hanya menampilkan tanda centang saat verifikasi berhasil dilakukan, tetapi kini tanda centang itu menghilang dan digantikan dengan kata Terbuka.

Fitur face unlock tersedia di WhatsApp dengan versi 2.24.8.85 yang stabil. Meski fitur ini ditambahkan ke dalam pembaruan versi aplikasi, 9to5google juga melihat fiturnya di server. Kemungkinan besar, pengguna tidak perlu memperbarui aplikasi untuk melihat fiturnya.

Penambahan sistem verifikasi face unlock ini hampir berbarengan dengan penerapan gaya Material 3 atau perubahan tampilan aplikasi di bagian bawah layar. WhatsApp telah didesain ulang sehingga kolom pencariannya berada di bagian bawah layar.