5 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh Redakan Gejala

YOGYAKARTA – Radang tenggorokan merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi di tenggorokan. Penyakit ini dapat memunculkan rasa gatal dan nyeri di tenggorokan, batuk, sakit ketika menelan, dan suara serak. Gejala tersebut dapat diatasi dengan obat radang tenggorokan alami seperti teh jahe, cuka sari apel, hingga sari akar licorice.

Artikel berikut ini akan membahas secara lebih detail obat radang tenggorokan alami yang dapat membantu mengurangi gejala radang di area tenggorokan.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 25 April 2024, untuk mengatasi gejala radang tenggorokan, berikut obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda konsumsi.

1. Teh jahe

Teh jahe merupakan minuman kaya manfaat yang mudah dibuat di rumah. Salah satu manfaat teh jahe adalah dapat mengurangi gejala radang di tenggorokan seperti rasa gatal dan suara serak.

Ilustrasi teh jahe (foto: Pixabay/Ri_Ya)

Teh jahe mengandung gingerol yang bersifat antiinflamasi serta analgesik sehingga bisa menekan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan. Minum teh jahe hangat untuk meredakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.

2. Cuka Sari Apel

Berikutnya, Anda juga bisa mengonsumsi cuka sari apel untuk untuk mengatasi tenggorokan sakit karena radang.

Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat mematikan bakteri dan jamur penyebab radang tenggorokan. Selain itu, cuka sari apel juga dapat mengatasi gejala nyeri yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Kemudian, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

3. Madu

Dikutip dari AI-Care, madu termasuk bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi madu 1 sendok makan 2 kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Ilustrasi madu (foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Madu juga memiliki kemampuan sebagai antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang dapat membantu sakit tenggorokan pulih lebih cepat, serta melegakan tenggorokan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan untuk mengonsumsi madu bila mengeluhkan rasa sakit di area tenggorokan yang disertai dengan batuk. CDC memperingatkan agar tidak memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena beresiko menyebabkan keracunan akibat bakteri Clostridium botulinum.

4. Air garam

Air garam juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan. Air garam merupakan larutan yang bersifat antiseptik sehingga bisa memperlambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Tak hanya itu, air garam juga dapat mencairkan lender yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam selama 30 detik. Anda dapat melakukannya sebanyak 3-4 kali sehari agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

5. Sari akar licorice

Licorice atau akar manis adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami.

Minuman herbal ini bisa mengencerkan sekresi lendir sehingga tenggorokan menjadi lebih lega. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Demikian informasi tentang obat radang tenggorokan alami. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.