Volvo EX30 Produksi China akan Debut pada Beijing Auto Show 2024

JAKARTA - Volvo umumkan akan membawa EX30 yang diproduksi di China pada gelaran Beijing International Automotive Exhibition (Beijing Auto Show) 2024 yang digelar pada 25 April besok.

Menurut lansiran CarNewsChina, Rabu, 24 April, mobil ini merupakan SUV terkecil yang pernah dihadirkan oleh merek dari Swedia ini. Dibangun di atas arsitektur SEA yang dikembangkan oleh perusahaan induknya Geely, mobil ini miliki desain futuristik diiringi dengan fitur canggih.

SUV ini melanjutkan gaya “Skandinavia” khas Volvo dengan bagian depan menonjolkan lampu berbentuk “T” modern. Grill depan tertutup secara rapi dengan menampilkan logo pabrikan yang ikonis.

Mobil tersebut memiliki lekuk bodi yang mulus dengan pilar A, B, dan C didesain bergaya smoke black. Dilengkapi dengan low-drag wheel berukuran besar dan side skirt dengan strip dekoratif, EX30 miliki pegangan pintu tersembunyi.

Diposisikan sebagai SUV terkecil dibandingkan model lainnya, EX30 memiliki ukuran panjang 4.233 mm, lebar 1.838 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase mencapai 2.650 mm.

Pada bagian dalam, interior dihiasi oleh layar tengah 12,3 inci yang dapat mengatur berbagai fungsi. Lebih lanjut, sistem infotainmennya telah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Setir kemudinya memiliki pola tiga palang multifungsi dengan sentuhan kontrol sensitif, menggantikan tombol konvensional. Dasbornya dilengkapi dengan sistem audio Harman Kardon 1,2 m yang menawarkan suara yang impresif.

Desain interior EX30 mengikuti prinsip terpusat untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang dalam dimensinya yang ringkas. Konsol tengah memiliki tempat cangkir atau dudukan telepon yang dapat digeser dan ditarik, menyediakan ruang penyimpanan untuk penumpang depan dan belakang.

Volvo juga menonjolkan sisi keselamatan dan kemudahan pada EX30, dengan memberinya fitur ADAS L2+ seperti Pilot Assist dan Parking Assistance.

Seperti yang terdaftar pada daftar domestik, crossover tersebut akan ditawarkan dengan dua opsi powertrain, yaitu 115 kW dan 200 kW. Mobil ini akan tersedia dalam dua opsi paket baterai 49 kWh dan 66 kWh yang memberikan tiga daya jangkauan berbeda, 410 km, 540 km, dan 590 km.

Namun, Volvo juga menawarkan versi performanya dengan motor listrik ganda berpenggerak empat roda yang memberikan tenaga 315 kW dan berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam jangka waktu 3,6 detik.