Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Hyundai Motor Group (HMG) resmi menandatangani “Power Purchase Agreement” (PPA) selama 15 tahun dengan Matrix Renewables, perusahaan pengembangan energi berbasis di Madrid, Spanyol.

Rencananya, HMG akan membeli pembangkit listrik tersebut untuk pabrik Hyundai Motor Group Metaplant America (HMGMA) di Georgia, Amerika Serikat (AS), serta pabrik lainnya di negeri paman Sam.

Seperti yang tertulis dalam laman perusahaan, Rabu, 24 April, grup akan membeli kapasitas pembangkitan sebesar 147 megawatt (MW) dari Matric Renewables Stillhouse Solar Project di Bell County, Texas, AS, yang memiliki total kapasitas pembangkit hingga 210 MW.

Usaha ini diharapkan dapat memperoleh sekitar 378 GWh listrik setiap tahunnya dan mengurangi emisi karbon sebesar 140.000 ton setiap tahun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen HMG untuk memanfaatkan energi terbarukan di fasilitas manufakturnya di seluruh dunia.

HMGMA sendiri diproyeksikan khusus merakit kendaraan listrik (EV) dan pabrik lain sebagai pemasok suku cadang, pelat baja, dan lainnya.

Diketahui, HMGMA merupakan salah satu pabrik produksi massal EV pertama HMG di AS. Fasilitas ini akan mulai memproduksi kendaraan ramah lingkungan untuk merek Hyundai Motor Company dan Kia Corporation pada kuartal keempat tahun ini.

Afiliasi grup lainnya, seperti Hyundai Mobis North America Electrified Powertrain LLC, Hyundai Steel Georgia Inc., dan Hyundai Transys Georgia Powertrain Inc., bersamaan akan bergabung dalam perjanjian ini dalam memperkuat rantai pasokan berkelanjutan dengan energi terbarukan.

Dimulai dengan PPA ini, perusahaan akan melakukan investasi dan kontrak untuk konversi energi terbarukan di fasilitasnya di Amerika pada tahun ini. Selain itu, Hyundai berencana untuk melakukan konversi ke energi terbarukan di fasilitas manufaktur milik mereka di seluruh dunia melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.