KTM 450 Rally Replica 2025: Motor Tangguh dengan DNA Juara yang hanya Diproduksi 100 Unit
JAKARTA - Untuk tahun 2025, KTM 450 Rally Replica kembali hadir dengan beragam pembaharuan ekstrem untuk meraih lebih banyak kemenangan.
Dominasi KTM di ajang rally sudah tidak terbantahkan. Sejak kehadiran KTM 450 Rally pertama, mereka telah mengumpulkan 235 kemenangan etape Dakar dan 10 gelar juara Dakar.
Dalam rilis pabrikan, 23 April, disebut untuk versi 2025 hanya diproduksi 100 unit dan dirakit langsung di KTM Motorsports Austria. Tentu, ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya diproduksi lebih sedikit yaitu 80 unit. Pemesanan dibuka pada 24 April 2024. Sayang, soal harganya belum diumumkan.
Untuk tahun 2025, KTM 450 Rally Replica mendapatkan update terbesar sejak 2020. Ubahan tersebut meliputi mesin baru, bodi lebih tajam, dan sasis yang disempurnakan oleh KTM Factory Racing. Intinya, motor ini adalah versi produksi terdekat dari motor balap pabrikan KTM yang pernah ada.
Jantung pacu KTM 450 RALLY REPLICA 2025 adalah mesin 450cc fuel injection yang sudah diuji di ajang Motocross dan Enduro. Mesin ini dilengkapi kepala silinder SOHC baru, kopling diperkuat, dan gearbox yang diperkuat. Tak heran jika mesin ini menawarkan performa dan ketahanan terbaik.
Sistem pendingin mesin pun kini menggunakan dua radiator terpisah, berbeda dari model sebelumnya yang hanya menggunakan satu radiator. Ini memastikan mesin tetap dingin dan bekerja optimal meski dalam kondisi terberat sekalipun.
Mesin tersebut terpasang pada rangka baru yang diproduksi secara manual di fasilitas KTM Motorsports. Rangka ini dibuat dengan teknik laser-cut dan hydro-formed, sehingga menawarkan keseimbangan antara kelenturan dan kemampuan menyerap energi benturan. Rangka ini dipadukan dengan swingarm aluminium die-cast berlubang yang ringan dan kokoh.
Baca juga:
Untuk urusan bahan bakar, KTM 450 RALLY REPLICA 2025 memiliki tangki bahan bakar utama berkapasitas 16 liter di bagian belakang yang sekaligus berfungsi sebagai subframe. Selain itu, terdapat dua tangki tambahan di depan, masing-masing berkapasitas 9 liter dan 9,5 liter.
Total kapasitas bahan bakar mencapai 34.5 liter, membuat motor ini sanggup melahap etape rally terpanjang sekalipun.
Suspensi depan menggunakan WP XACT PRO 7548 closed cartridge cone valve fork 48 mm, sementara suspensi belakang menggunakan WP XACT PRO 7750 shock. Keduanya dapat diatur sesuai kebutuhan medan dan gaya balap.
Tak ketinggalan, tampilannya juga turut mengalami penyegaran. Bodi dibuat lebih tajam dan agresif, serta dilengkapi navigation tower terbuat dari serat karbon yang ringan.
Fairing baru ini juga meningkatkan aerodinamika dan mengurangi turbulensi udara yang dirasakan pembalap.
Lampu depan LED baru terintegrasi dengan fairing depan, meningkatkan jangkauan cahaya sebesar 33 persen. Fitur ini vital untuk balapan yang dimulai pagi hari atau selesai di malam hari.