KTM 990 RC R, Motor Balap yang Bakal Diproduksi Mulai 2025
Foto: Dok. KTM

Bagikan:

JAKARTA - Usung semangat “Ready To Race”, KTM kembali meluncurkan sepeda motor yang dapat menggairahkan pengendara untuk menjajalnya di trek, yaitu 990 RC R.

Menurut perusahaan dari Austria ini, motor ini memadukan keunggulan teknik dan DNA balap yang luar biasa sehingga menghasilkan kinerja tak tertandingi. Lebih uniknya, motor ini memenuhi homologasi untuk penggunaan jalan raya.

“KTM 990 RC R merupakan inovasi inovatif bagi pengendara yang menyukai sensasi menikung,” kata Head of KTM Global Marketing Riaan Neveling, dikutip dari laman resmi merek, Kamis, 9 Mei.

Model 990 RC R dibangun dengan rangka baja yang dirancang berkendara secara dinamis, yang juga mengakomodir pengendara memposisikan sudut kepada pada 25 derajat demi meningkatkan pengalaman berkendara menyenangkan.

Kekakuan yang ditingkatkan memberikan rasa dan stabilitas yang tepat saat berakselerasi di jalan bergelombang atau di trek balap sekaligus menjaga kelincahan, terutama pada kecepatan rendah.

Untuk meningkatkan gaya berkendara yang dinamis, dihadirkan juga suspensi kartrid terbuka WP Apex yang dapat diatur sepenuhnya didukung oleh pelek aluminium ringan dibaluti ban Michelin.

Dari segi performa, motor ini didukung oleh mesin LC8c berstandar Euro5+ yang dapat memompa tenaga hingga 128 ps dan torsi 103 Nm. Tenaga tersebut tersalurkan ke knalpot baja yang tahan karat kental serta shifter yang mengakomodir berkendara prima.

Motor bergaya balap ini akan diproduksi di pabrik Mattighofen, Austria, milik KTM dan bakal memulai fase perakitan pada tahun 2025 mendatang. KTM 990 RC R akan jalani debut di trek dalam gelaran seri balap European Supersport dengan menjadi peserta wildcard.