Tiga Pevoli Indonesia Masuk Uji Coba di Liga Korea Selatan

JAKARTA – Ada tiga pevoli Indonesia mendapat kesempatan masuk dalam senarai pemain uji coba Federasi Bola Voli Korea Selatan (KOVO) Women’s Asia Chapter 2024.

Ketiga nama itu ialah Yolla Yuliana, Aulia Suci Nurfadilah, dan Megawati Hangestri Pertiwi. Nama terakhir musim lalu mengikuti program ini dan lolos sehingga bisa bergabung Red Sparks.

Uji coba atau try out Liga Voli Korea Selatan 2024 untuk pemain kuota Asia ini akan berlangsung di Jeju Halla Gymnasium, Korea Selatan, pada 29 April sampai 1 Mei 2024.

"Uji coba KOVO Women's Asia Quarter 2024 yang akan diadakan untuk kedua kalinya sejak musim lalu akan digelar dari 29 April (Senin) hingga 1 Mei 2024 (Rabu) di Jeju Halla Gymnasium dan Sun Hotel," demikian tulis laman resmi KOVO.

Yolla Yuliana, yang saat ini mendekati usia 30 tahun, punya segudang pengalaman di Proliga. Ia adalah bagian dari skuad Jakarta Elektrik PLN yang juara Proliga edisi 2014 dan Bandung BJB Tandamata pada 2022.

Musim ini, Yolla akan tampil untuk Jakarta Elektrik PLN. Pemain dengan tinggi 183 sentimeter ini memiliki jangkauan spike mencapai 285 sentimeter dan jangkauan block 274 sentimenter.

Sementara itu, Aulia akan tampil untuk Gresik Petrokimia di Proliga 2024. Pemain berusia 20 tahun ini bisa ditempatkan sebagai outside hitter atau opposite.

Yolla, Aulia, dan Mega termasuk dalam 36 pemain yang ikut mendaftar untuk menjajal kemampuan mereka agar lolos dan mendapat kesempatan bermain di level tertinggi liga bola voli Korea Selatan.

Dari jumlah tersebut, enam pevoli di antaranya pernah tampil bersama tim-tim Liga Voli Korea Selatan pada musim lalu. Kemudian, dari tujuh nama pemain Asia yang bermain musim lalu, hanya pevoli Jepang, Reina Tokoku, yang tidak mendaftar lagi.

Selain Megawati, enam nama lain yang kembali ikut mendaftarkan diri dalam try out untuk musim 2024/2025 ialah Mar-Jana Phillips, Pornpun Guedpard, Thanacha Sooksod, Wipawee Srithong, dan Darin Pinsuwan.