Hasil BAC 2024: Rinov/Pitha Amankan Tiket Babak Kedua

JAKARTA - Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke babak kedua Badminton Asia Championship (BAC) 2024.

Pasangan itu melewati babak pertama usai menang dengan skor 21-13, 14-21, dan 21-18 dalam waktu 64 menit di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Zhejiang, China, Rabu, 10 Maret siang WIB.

“Bersyukur bisa menang. Stamina saya memang belum pulih setelah pekan lalu baru pulang dari Eropa. Dalam pertandingan tadi saya memang memaksakan diri untuk bisa menang,” ujar Rinov.

Rinov/Pitha datang ke turnamen ini dengan modal juara dari Madrid Spain Masters 2024 pada ujung Maret kemarin. Hasil yang membuat harapan mereka untuk ke Olimpiade Paris 2024 semakin besar.

Saat ini Rinov/Pitha dalam posisi yang sudah memenuhi syarat ke Prancis nanti. Namun, mereka perlu mendapat hasil terbaik di BAC sebagai turnamen terakhir kualifikasi agar menjaga posisi mereka tersebut.

“Saya memang ingin terus menjaga harapan dan peluang untuk lolos ke Olimpiade. Saya juga ingin menjaga momentum keberhasilan di Eropa lalu. Makanya saya selalu bersemangat untuk itu,” kata Rinov.

Rinov/Pitha adalah satu-satunya pasangan ganda campuran yang memiliki peluang lolos ke Paris mewakili Indonesia. Mereka bisa mendapat tiket ke sana jika duduk di ranking ke-13 pada akhir kualifikasi nanti.

Saat ini mereka menempati posisi tersebut. Untuk mempertahankan atau memperbaiki ranking itu maka mereka perlu berjalan sejauh mungkin di turnamen yang selevel Super 1000 BWF ini.

“Harapan agar bisa lolos ke Olimpiade tentu ada. Cuma untuk saat ini kami fokus ke pertandingan yang saat ini kami hadapi. Kami fokus ketemu siapa sekarang dan pertandingan apa sekarang dulu. Tidak mau berpikir terlalu jauh,” ujar Pitha.

Sebelumnya dua wakil Indonesia sudah tersingkir di babak pertama. Mereka adalah ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Bagas/Fikri pulang setelah menelan kekalahan melawan duta Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren, sedangkan Lanny/Ribka menyerah di tangan pasangan China dan unggulan pertama Chen Qingchen/Jia Yifan.