NASA Melacak Gerhana Matahari dengan Jet Khusus, Cari Asteroid Vulkanoid

JAKARTA - Pada saat gerhana matahari Senin 8 April bergerak dari Meksiko, menuju ke AS di atas Texas, dan terus ke arah Maine dan kemudian Kanada, dua pesawat khusus NASA terus mengejarnya.

Empat ilmuwan di atas dua dari tiga pesawat penelitian WB-57 milik NASA terbang pada kecepatan 460 mil per jam di stratosfer mengumpulkan data tentang korona matahari - atmosfer bagian atas benda langit, yang tidak biasa terlihat sebagai halo selama peristiwa Senin itu.

WB-57 yang terbang pada ketinggian tinggi mengejar gerhana dari ketinggian 50.000 kaki di atas permukaan laut, mencatat data tentang bagaimana matahari memengaruhi ionosfer kita, bagaimana atmosfer matahari sendiri bekerja, dan bahkan mencari asteroid 'vulkanoid' yang lama diteorikan.

Asteroid tersebut diyakini mengorbit di antara Matahari dan Merkurius, tetapi tenggelam dari pengamatan astronomi oleh radiasi kosmis yang persisten dari matahari.

Kamera yang terpasang di pesawat itu mengambil cahaya tampak dan inframerah pada resolusi tinggi dan kecepatan tinggi, menjadi instrumen kunci untuk penelitian asteroid 'vulkanoid' selama penerbangan, yang mencari mereka sambil mempelajari cincin debu di sekitar matahari.

Proyek 'Mengejar Gerhana' dipimpin oleh fisikawan Amir Caspi, yang mempelajari fisika matahari berenergi tinggi di Southwest Research Institute di Boulder, pada 21 Agustus 2017.

“Bayangan bergerak dengan kecepatan sekitar 1.500 mph pada kecepatan terendahnya dan pesawat terbang hanya sekitar 460 mph,” kata Caspi kepada stasiun televisi ABC. “jadi bayangan itu akan menyalip mereka dengan cukup cepat.”

Pesawat NASA diluncurkan dari pantai Meksiko, terbang ke timur laut dalam upaya untuk mengantisipasi gerhana saat itu menuju perbatasan Texas.

Ada empat kamera total di hidung kedua pesawat WB-57, masing-masing disesuaikan untuk menangkap 'warna' atau panjang gelombang tertentu dari spektrum elektromagnetik. Beberapa bagian spektrum frekuensi elektromagnetik (EMF), termasuk inframerah gelombang menengah, tidak dapat diukur dari tanah, karena sebagian besar diserap oleh gas dan partikel lainnya di atmosfer.

Gambar inframerah tengah korona yang diambil selama gerhana Agustus 2017 telah digunakan oleh para peneliti yang berafiliasi dengan NASA untuk mengukur dengan lebih tepat diameter matahari, yang masih belum diketahui dengan pasti, serta untuk mencoba memecahkan misteri mengapa korona lebih panas dari permukaan matahari.

“Penerbangan jet semacam itu menawarkan observasi terbaik yang pernah ada tentang fenomena frekuensi tinggi di korona,” kata ahli astrofisika, Dan Seaton, salah satu penyelidik proyek NASA, dalam pernyataan NASA pada tahun 2017 menjelang 'Mengejar Gerhana I' tim enam tahun yang lalu.

Misi penerbangan jet pada Senin memberikan kesempatan bagi kedua pesawat NASA untuk menyaksikan tumpang tindih lengkap, atau 'totalitas' gerhana selama 25 persen lebih lama dari pengamatan tanah yang paling lama yang mungkin terjadi saat ini, yang merupakan peristiwa 'totalitas' selama 4 menit 27 detik yang terlihat dari Torreón di Meksiko.

Tim WB-57 mendapat kesempatan melihat gerhana secara totalitas selama perkiraan 6 menit 22 detik, dan dengan pandangan yang sempurna di atas semua tutupan awan.