Presiden Jokowi Serukan Benci Produk Asing, DPR: Mudahkan Dulu Izin UMKM!

JAKARTA - Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah untuk memudahkan perizinan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Permintaan ini menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyerukan kampanye cinta produk dalam negeri sekaligus membenci produk asing.

"Seruan ini harus sinergis dengan upaya pemerintah dalam mendukung para pelaku UMKM! Dari sisi permodalan dan pendampingan strategi pemasaran" ujar Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Kamis, 4 Maret.

Presiden Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan untuk menggaungkan kampanye cinta produk Indonesia saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021. Dia juga meminta agar mengajak masyarakat membenci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. tegasnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 4 Maret.

Politikus Golkar itu menilai UMKM perlu mendapat perhatian khusus agar dapat membangkitkan pemulihan ekonomi. Menurutnya, pemerintah serta Forkompinda harus bersinergi mempermudah berikan izin bagi pelaku UMKM di berbagai daerah.

"Sehingga seruan Presiden Jokowi dapat diterapkan sampai tingkat paling bawah di daerah terpencil," jelas dia.

Azis pun meminta masyarakat untuk semakin mencintai produk dalam negeri dan  menggunakan produk asing hanya seperlunya. "Kita bantu mengembangkan produk dalam negeri, konsumsi produk dalam negeri. Produk impor cukup sesuai kebutuhan saja," ucapnya.

"Mari majukan bangsa dengan mencintai produk-produk karya anak bangsa, sehingga ekonomi bangkit dan harapan Presiden Jokowi dapat terwujud," ajak Azis.