Bagas Kaffa Optimistis Timnas Indonesia U-23 Capai Target di Piala Asia U-23 2024

JAKARTA - Penggawa Timnas Indonesia U-23, Bagas Kaffa, tak gentar menghadapi Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pada 15 April-3 Mei 2024 di Qatar.

Dia menaruh optimisme tinggi bahwa Garuda Muda bisa mencapai target yang dibebankan PSSI.

"Tentunya kita harus percaya diri dan harus yakin bahwa kita bisa dan mampu. Kita melakukan yang terbaik, kita akan berusaha semaksimal mungkin," kata Bagas Kaffa.

Sebagaimana diketahui, federasi menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos dari fase grup atau ke babak delapan besar.

Bahkan, Garuda Muda diharapkan melaju lebih jauh hingga babak semifinal untuk membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Soalnya, minimal Timnas Indonesia U-23 minimal harus menjadi peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 untuk meraih tiket otomatis bersama juara dan runner-up ke Olimpiade Paris 2024.

Andai terhenti di peringkat keempat turnamen, Garuda Muda masih punya kans ke Olimpiade Paris 2024. Hanya saja, mereka harus menang di laga play-off menghadapi wakil Afrika.

Pada Piala Asia U-23 2024, Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Sebelum melakoni laga pertama di Grup A melawan Qatar pada 15 April 2024, Garuda Muda saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Dubai sejak 1 April hingga 10 April 2024.

Selain berlatih, Timnas Indonesia U-23 juga dijadwalkan melakukan dua uji coba pada pemusatan latihan tersebut.

Uji coba pertama tuntas digelar melawan Arab Saudi pada 5 April 2024 di The Sevens Stadiun, Dubai. Timnas Indonesia U-23 takluk 1-3.

Kemudian, uji coba kedua akan dihelat pada Senin, 8 April 2024 di tempat yang sama melawan Uni Emirat Arab.

Sejauh ini, Bagas Kaffa menilai pemusatan latihan berjalan lancar tanpa kendala. Jadi, ada harapan besar bisa tampil maksimal di Piala Asia U-23 2024.

"Saya rasa tidak ada kendala. Cuacanya juga bagus. Cukup baik semuanya. Kami mempersiapkan diri dengan baik, semoga hasilnya juga baik," tutur pemain Barito Putera tersebut.

Sementara itu, Shin Tae-yong sudah memberikan beragam variasi latihan di pemusatan latihan, mulai dari rondo, core, dan taktikal.

Pada uji coba kedua nanti, pelatih asal Korea Selatan itu bahkan sudah masuk memantapkan tim inti. Dia berencana memainkan skuad utama melawan Uni Emirat Arab.

Beda hal ketika tampil melawan Arab Saudi. Shin Tae-yong memainkan hampir semua pemain karena ingin melihat kondisi pasukannya.