Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Memasuki Usia 30-an

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia dan semakin banyak fase hidup yang dilalui, alangkah lebih baik jika Anda dapat mengendalikan masalah lebih bijak. Memang, usia bukanlah faktor penentu untuk mengukur kedewasaan seseorang, tapi dengan beragam pengalaman yang ada semoga bisa menjadi bekal bagi Anda untuk bertumbuh.

Berikut ada hal-hal yang dapat dilakukan sejak usia 20-an agar tak menyesal saat memasuki usia kepala tiga.

Tinggalkan orang-orang yang merugikan

Saatnya menjauhkan diri dari orang-orang yang negatif. Jadi, saat memasuki usia 30, kelilingi diri Anda dengan orang yang benar-benar ingin menjalin hubungan dengan baik dan memberikan aura positif.

Habiskan waktu hanya dengan orang yang dicintai

Sesibuk apapun rutinitas, harus selalu menyediakan waktu untuk orang-orang yang Anda cintai seperti keluarga, teman, atau pasangan. Selalu ingat bahwa uang atau materi bisa didapatkan kembali, namun tidak dengan waktu. Jangan sampai menunggu sesuatu tersebut menghilang baru Anda menyadarinya.

Tidak semua dapat dimiliki

Pada saat usia 20-an Anda banyak menemui rintangan dan kegagalan. Namun. jangan pernah menyerah untuk berhenti bermimpi dan mencoba banyak hal hingga menemukan fokus pada satu hal nantinya.

Berani mengambil risiko

Terinspirasi dari kisah mereka yang sukses besar merubah karir di usia 30-an dengan tidak mengindahkan kata settle down. Saat usia 20-an mereka ingin terus mengambil risiko dalam hidup agar tidak menyesal karena tidak pernah mencoba hal tersebut.

Biarkan hal mengalir apa adanya

Jauhkan asumsi mengenai masa depan Anda sendiri, apalagi asumsi bahwa sesuatu akan gagal sebelum Anda kerjakan. Percayalah, setiap orang sebenarnya tidak tahu apa yang akan dilakukan 5-10 tahun ke depan. Jadi, hidup apa adanya dan biarkan semua mengalir seperti semestinya.

Tumbuh dan belajar tiap hari

Menjadi sukses tidak harus untuk mereka yang terus mengejar ilmu secara akademis, kesempatan dapat datang dari mana saja. Hidup terus berubah, teruslah berkembang sehingga bisa selaras dengan hidup.

Investasi untuk keluarga

Investasi untuk masa tua sangatlah penting, namun ada yang lebih penting yaitu keluarga. Pada saat usai 30-an orang tua Anda sudah memasuki usia lanjut. Maka dari itu bangunlah hubungan baik dengan mereka, ini akan membuktikan tingkat kedewasaan dan kesuksesan Anda.

Cintai diri sendiri

Hidup itu indah namun juga keras, menunda mencinta diri sendiri hanya akan membuat Anda semakin sulit untuk menerima suatu kenyataan. Perlakukan diri Anda dengan baik. Dengan begitu, pada saat usia 40-an nanti Anda bisa menerima apapun yang terjadi dengan santai.