Rivian Melaju Kencang, Produksi Tembus 100.000 Unit dan Raih 68.000 Reservasi untuk Mobil Listrik Baru

JAKARTA - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Rivian, tengah mencuri perhatian. Mereka baru saja mencapai milestone penting dengan meluncurkan kendaraan ke-100.000 dari pabrik mereka di Normal, Illinois, AS.

CEO Rivian, RJ Scaringe, membagikan foto R1S berwarna silver yang menjadi unit ke-100.000 tersebut di media sosial platform media sosial X.

Pencapaian ini tentunya menjadi bukti momentum positif yang sedang dialami Rivian. Di kuartal pertama 2024, mereka berhasil melampaui ekspektasi analis dengan memproduksi 13.980 unit dan mengirimkan 13.588 kendaraan listrik. 

Awalnya,  dilansir dari Teslarati, 4 April, analis memperkirakan produksi Rivian di kuartal pertama 2024 hanya akan mencapai 13.800 unit dengan pengiriman sebesar 11.900 unit. Lebih hebatnya lagi, Rivian tetap mempertahankan target produksi mereka untuk tahun 2024 ini di angka 57.000 kendaraan.

Saat ini, Rivian memang hanya memiliki satu pabrik produksi yang berlokasi di Normal, Illinois. Dengan demikian, bisa dipastikan seluruh kendaraan yang akan mereka kirimkan sepanjang tahun ini, termasuk R1S ke-100.000 tersebut, berasal dari pabrik tersebut.

Selain pencapaian produksi yang mengesankan, Rivian juga baru saja mulai memberikan adaptor North American Charging Standard (NACS) kepada para pelanggan mereka. Adaptor ini memungkinkan pengguna Rivian untuk mengisi daya kendaraan mereka di lebih dari 15.000 stasiun pengisian cepat Tesla Supercharger yang kompatibel. Inisiatif ini menuai pujian dari pengguna, terutama karena Rivian turut mengintegrasikan harga pengisian daya Tesla Supercharger ke dalam layar di kendaraan mereka. Scaringe pun menyebut keputusan ini sebagai bentuk "kolaborasi yang hebat bersama tim Tesla."

Rivian tampaknya tak hanya fokus pada produksi kendaraan saat ini. Mereka juga tengah gencar menarik minat konsumen untuk kendaraan listrik generasi terbaru mereka, yaitu R2 crossover SUV, R3, dan R3X. Ketiga mobil tersebut disambut meriah oleh komunitas pecinta kendaraan listrik. Buktinya, Rivian R2 langsung kebanjiran reservasi hingga 68.000 unit dalam waktu kurang dari 24 jam!

“Kami kewalahan dengan respon luar biasa terhadap kendaraan listrik terbaru kami: R2, R3, dan R3X. Dalam waktu kurang dari 24 jam, kami telah menerima lebih dari 68.000 reservasi untuk R2. Kami senang melihat kendaraan ini mendapat tempat di hati para pelanggan setia kami!” tulis RJ Scaringe di akun platform media sosial X miliknya.