Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Perangkat Android

JAKARTA – Seluruh ponsel pintar bisa menyembunyikan aplikasi, tak terkecuali ponsel dengan sistem Android. Meski disembunyikan, ada cara untuk mengetahui aplikasi yang tersembunyi di ponsel Anda.

Ada beberapa cara untuk melihat aplikasi yang tersembunyi di perangkat Android, baik melalui Pengaturan maupun melalui akses khusus. Berikut ini beberapa cara untuk melihat aplikasi di ponsel Android, dikutip dari Makeuseof.

Melihat Aplikasi Tersembunyi di Pengaturan

Setiap perangkat memiliki tampilan Pengaturan yang berbeda, tetapi ada langkah dasar yang bisa Anda lakukan untuk melihat aplikasi tersembunyi. Pertama, buka halaman Pengaturan di ponsel Anda, lalu gulir layar untuk mencari menu Aplikasi

Setelah itu, pilih opsi Lihat Semua Aplikasi untuk menampilkan deretan aplikasi yang dimiliki ponsel Anda. Di beberapa perangkat, Anda bisa membuka opsi Atur Aplikasi dan klik titik tiga vertikal untuk mengetuk Tampilkan Semua Aplikasi.

Cari Aplikasi Tersembunyi dengan Akses Khusus

Masih sama seperti melihat aplikasi tersembunyi melalui Pengaturan, Anda juga harus membuka menu Aplikasi terlebih dahulu. Namun, di beberapa perangkat, menu Aplikasi tidak akan memiliki opsi Lihat atau Tampilkan Semua Aplikasi.

Di beberapa ponsel, pengguna akan melihat opsi Akses Aplikasi Khusus. Sesuai namanya, aplikasi ini dikelompokkan secara khusus oleh sistem. Aplikasi yang Anda cari mungkin dikelompokkan berdasarkan Akses Jangan Ganggu, Aplikasi Tidak Diketahui, dan lainnya.

Temukan Aplikasi Tersembunyi dari File Manager

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melihat aplikasi tersembunyi melalui aplikasi yang dimiliki hampir seluruh perangkat Android, yaitu Files. Aplikasi ini berisi seluruh perangkat lunak, baik itu file maupun aplikasi dari proses sideload.

Untuk melihat aplikasi yang tersembunyi, buka Files terlebih dahulu, lalu buka bagian khusus Aplikasi. Anda akan melihat seluruh aplikasi yang ada di perangkat Anda, baik itu aplikasi tersembunyi maupun aplikasi yang masih ada, tetapi terlupakan.

Itu dia tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat aplikasi tersembunyi di perangkat Android. Pastikan untuk tidak melakukan cara-cara di atas dengan menggunakan ponsel orang lain tanpa izin karena hal itu telah melanggar kebijakan privasi.