Jadwal Bukber Padat? Begini 6 Tips Biar Nggak Kelelahan karena Bertemu Banyak Orang

YOGYAKARTA – Berinteraksi sosial dikaitkan dengan kesehatan dan umur panjang. Namun apabila jadwal bukber sudah memenuhi kalender dan Anda harus bertemu dengan komunitas yang berbeda setiap harinya, tanpa memiliki strategi bisa membuat kelelahan sosial. Tips supaya tidak kelelahan saat harus bertemu dengan banyak orang, begini penjelasannya.

1. Lakukan aktivitas yang memberi energi

Tips pertama mengatasi kelelahan sosial, pertimbangkan aktivitas yang cocok dengan orang-orang yang Anda temui. Misalnya, ambil jeda berbuka dengan berjalan-jalan di sekitar lokasi. Anda bisa hanya jalan saja menikmati suasana, bisa juga mengisi dengan aktivitas lain. Seperti berbelanja di toko sebelah atau hanya membincangkan topik yang cocok dengan orang yang Anda temui.

2. Hindari melakukan hal-hal yang membutuhkan terlalu banyak usaha

Misalnya, berbuka bersama rekan terdengar menyenangkan. Tetapi jika sudah terlalu lelah, merencanakan di mana, memesan makanan, dan membersihkan setelahnya membutuhkan terlalu banyak usaha. Artinya, penting untuk membagi tugas supaya tidak semua pekerjaan Anda yang harus menyelesaikan.

Ilustrasi tips biar nggak kelelahan saat jadwal bukber padat (Freepik)

3. Membuat daftar apa yang tidak boleh dilakukan

Sebelum membuat jadwal, penting menyeleksi mana yang prioritas dan tidak. Ini penting supaya tidak membuat Anda kelelahan. Penting juga aktivitas yang tidak ingin Anda ikuti sehingga tidak mengeksploitasi diri secara berlebihan.

4. Kenali kuota energi sosial Anda

Beberapa orang mungkin tetap santai berjumpa dengan banyak kelompok teman dalam sehari. Tetapi ada pula yang hanya memiliki sedikit energi untuk kehidupan sosial. Maka penting untuk mengukur level kuota energi untuk dialokasikan dalam kehidupan seosial. Anda bisa menyeleksi siapa orang-orang yang satu frekuensi dan berapa durasi Anda bertemu mereka.

5. Alokasikan waktu untuk me time

Perlu mengalokasikan waktu tanpa gangguan tujuannya untuk memulihkan tenaga dan mengurus diri sendiri. Jika ada undangan dadakan, Anda bisa menolaknya karena tidak memiliki alokais waktu mengikutinya. Apabila terpaksa wajib mengikutinya, katakan bahwa ini bukan prioritas meski tetap menghadirinya sebentar.

6. Atur jadwal secara menyeluruh

Mengelola waktu secara bijak penting dibiasakan. Anda juga perlu menandai kalender masa-masa sibuk, saatnya liburan, musim puncak kerja, ujian anak-anak, dan agenda lain yang masuk dalam prioritas Anda. Biasakan pula tandai kalender untuk setiap agenda.

Menurut saran psikolog klinis Perpetua Neo, DClinPsy, dilansir Mind Body Green, Kamis, 21 Maret, supaya tidak kelelahan karena interaksi sosial yang padat, pertimbangkan pula dengan siapa Anda ingin menghabiskan waktu, dengan siapa Anda ingin bertemu, dan berapa banyak waktu yang diperlukan.