Baru! Google Drive di Website Kini Mendukung Mode Gelap

JAKARTA - Di web, hanya beberapa aplikasi dan layanan Google yang menawarkan mode malam. Sekarang, mode gelap sudah tersedia untuk website Google Drive. 

Jika pembaruan ini sudah muncul di Anda, ketika Anda membuka website Google Drive, Anda akan disambut dengan prompt bertuliskan New! Dark mode” dan “Continue to enjoy Drive in the dark.”

Setelah itu, untuk menerapkan mode gelap ketuk ikon roda gigi di pojok kanan atas > Pengaturan > Umum > Tampilan. Anda harus mengaturnya secara manual, karena mode gelap ini tidak akan secara otomatis mengikuti tema perangkat Anda.

Menurut temuan 9to5google, mode gelap ini hanya akan berlaku untuk tampilan file. Sedangkan untuk tampilan Dokumen, Spreadsheet, Slide, dll. tidak akan berubah. Untuk latar belakang (sidebar, bilah pencarian, dll.) akan terlihat lebih terang dan agak abu-abu, sedangkan wadah bagian dalam lebih gelap/hitam.

Sayangnya, mode gelap ini baru diluncurkan ke beberapa pengguna saja, artinya fitur ini belum diluncurkan secara luas. Mari berharap Google akan segera merilisnya secara global di masa mendatang. 

Selain Google Drive, Google Keep, Chat dan Gmail di website juga telah menawarkan tema gelap. Tapi, jika dibandingkan dengan perangkat seluler, ketersediaan tampilan ramah malam di website ini agak terbatas.