Pengguna ChatGPT  Akan Mendapatkan Akses Konten Berita dari Le Monde dan Prisa Media

JAKAARTA - Pada  Rabu, 13 Maret, OpenAI mengumumkan kemitraan dengan dua organisasi berita internasional, yaitu Le Monde dan Prisa Media, untuk membawa konten berita berbahasa Prancis dan Spanyol ke ChatGPT.

Kemitraan ini memungkinkan pengguna ChatGPT untuk berinteraksi dengan konten berkualitas tinggi dari Le Monde dan Prisa Media mengenai peristiwa terkini. Selain itu, konten ini juga akan berkontribusi dalam melatih model-model kecerdasan buatan kami.

“Kami berkomitmen untuk mendukung jurnalisme dengan menerapkan teknologi AI baru dan meningkatkan peluang bagi para pencipta konten. Melalui kemitraan dengan Le Monde dan Prisa Media, tujuan kami adalah memungkinkan pengguna ChatGPT di seluruh dunia terhubung dengan berita melalui cara-cara baru yang interaktif dan informatif,” kata Brad Lightcap, COO OpenAI.

Dalam beberapa bulan mendatang, pengguna ChatGPT akan dapat berinteraksi dengan ringkasan berita relevan dari penerbit-penerbit ini, dengan atribusi dan tautan yang ditingkatkan ke artikel asli. Ini memberikan pengguna kemampuan untuk mengakses informasi tambahan atau artikel terkait dari situs berita mereka.

“Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan dan mempertahankan komitmen kami dalam menyediakan berita yang akurat, diverifikasi, dan seimbang secara luas. Setiap perubahan dalam lanskap media telah memberikan Le Monde peluang baru. Sejak 2010, Le Monde telah menjadi pelopor media digital di Prancis, dengan lebih dari 600.000 pelanggan, 2,2 juta pengguna unik setiap hari, dan lebih dari 632 juta tampilan halaman per bulan,” kata Louis Dreyfus, CEO Le Monde

Carlos Nuñez, Chairman dan CEO Prisa Media, juga menegaskan, “Bergabung dengan OpenAI membuka peluang baru bagi kami untuk berinteraksi dengan audiens kami. Kami berharap kemitraan ini akan memperkaya pengalaman berita bagi pengguna ChatGPT.”

Kemitraan ini bertujuan untuk memastikan bahwa konten berita yang otoritatif dapat diakses dan dihargai oleh audiens yang lebih luas dan beragam.