Manfaatkan Berita dari Penerbit di Prancis, Google Bayar Denda Rp7,8  Triliun untuk Selesaikan Sengketa Hak Cipta
Googleselesaikan sengketa hak cipta di Prancis., (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA  - Google, salah satu anak perusahaan Alphabet, telah berkomitmen untuk menyelesaikan sengketa hak cipta di Prancis atas konten online. Hal ini diumumkan oleh otoritas antimonopoli negara itu mengatakan pada Selasa, 21 Juni, setelah muncul peningkatan tekanan bagi platform milik teknologi besar untuk berbagi lebih banyak pendapatan mereka dengan outlet berita.

Menurut pihak berwenang di Prancis, Google juga telah sepakat membatalkan bandingnya terhadap denda 500 juta euro (Rp 7,8 triliun),  yang dijatuhkan otoritas negara itu. Denda itu pun sudah dibayarkan tahun lalu.

Keputusan tersebut mengakhiri penyelidikan otoritas Prancis ke Google, yang telah setuju untuk berbicara dengan kantor berita dan penerbit lain tentang usaha mereka membayar penyedia berita karena telah menggunakan berita mereka di platformnya.

Google akan berkomitmen pada proposal remunerasi dalam waktu tiga bulan sejak dimulainya negosiasi, dan jika tidak ada kesepakatan yang dapat ditemukan, masalah tersebut akan diselesaikan oleh pengadilan.

Perusahaan asal AS ini juga akan memastikan negosiasi tidak akan berdampak pada cara berita disajikan di halaman pencariannya.

Keputusan itu muncul ketika tekanan internasional meningkat pada platform online seperti Google dan Facebook yang dituntut untuk berbagi lebih banyak atas pendapatan mereka dengan outlet berita.

"Otoritas percaya bahwa komitmen yang dibuat oleh Google memiliki karakteristik untuk mengatasi masalah persaingan," kata Autorite de la Concurrence dari Prancis dalam keputusannya, seperti dikutip Reuters.

Kepala otoritas antimonopoli Prancis, Benoit Coeure, mengatakan putusan itu akan diperiksa dengan cermat oleh negara-negara Eropa lainnya.

Ini menyimpulkan kasus tiga tahun yang dipicu oleh keluhan dari beberapa organisasi berita terbesar Prancis, termasuk AFP.

Penerbit berita berpendapat bahwa kebangkitan penjualan iklan Google secara online didukung oleh eksploitasi kutipan konten berita mereka secara online, yang membuat mereka kehilangan aliran pendapatan potensial pada saat penurunan penjualan cetak.

Raksasa teknologi, yang sejak itu menandatangani kesepakatan dengan beberapa penggugat, awalnya menolak klaim tersebut. Mereka mengatakan lalu lintas web yang dibawanya melalui mesin pencari dan agregator berita mengarahkan sejumlah besar pengguna internet ke situs web berita, sehingga memungkinkan penerbit untuk menghasilkan konten mereka lewat pendapatan berbasis iklan sendiri.

AFP dan beberapa organisasi berita terkemuka, termasuk surat kabar Le Monde, Le Figaro dan Liberation, telah mengumumkan kesepakatan terpisah dengan Google, yang dimaksudkan untuk mencakup undang-undang hak cipta ini.

Sebastien Missoffe, country manager dan VP untuk Google Prancis, menulis dalam sebuah posting blog menyatakan bahwa Google memiliki perjanjian dengan lebih dari 150 publikasi pers di Prancis untuk "hak bertetangga".

"Kami akan terus bekerja untuk mendapatkan lebih banyak perjanjian dengan penerbit dan kantor berita Prancis yang memenuhi syarat untuk lebih mendukung jurnalisme di Prancis, membangun investasi bertahun-tahun," kata Missoffe.

Google setuju untuk membayar 76 juta dolar AS (Rp 1,1 triliun) selama tiga tahun kepada 121 penerbit berita di Prancis untuk mengakhiri baris hak cipta.