Cardano Bersiap Rilis Stablecoin Anyar USDM

JAKARTA – Platform blockchain terkemuka, Cardano (ADA), dikabarkan tengah bersiap meluncurkan stablecoin barunya yaitu USDM. Stablecoin ini rencananya akan diluncurkan di Amerika Serikat pada tanggal 16 Maret mendatang.

Menurut laporan Coinspeaker, peluncuran ini menandai tonggak penting dalam ekosistem Cardano, yang baru-baru ini mencatatkan pencapaian signifikan dengan Cardano Treasury yang melampaui 1 miliar dolar AS (sekitar Rp15,57 triliun) dan pencatatan blok ke-10 juta.

Sebagai informasi tambahan, nilai stablecoin USDM terikat satu banding satu dengan nilai dolar AS. Misalnya, setiap 1 token USDM didukung oleh 1 dolar AS yang disimpan di bank AS. Dukungan mata uang fiat buat stablecoin USDM digunakan untuk menjamin stabilitas nilainya di dunia kripto yang volatil.

Informasi terbaru menyatkan bahwa USDM akan tersedia di 19 negara bagian AS. Hal ini diklaim dapat memberikan akses langsung bagi penggunanya ke ekosistem Cardano. Diterbitkan oleh Mehen Finance LLC, USDM disebut telah mematuhi kebijakan Know Your Customer (KYC)/ Anti Money Laundering (AML) yang ketat dan peraturan keuangan AS. Mehen Finance menjamin integritas dan keamanan dalam transaksi stablecoin USDM.

Informasi tambahan, KYC atau Know Your Customer adalah proses verifikasi yang digunakan oleh bursa kripto dan platform keuangan lainnya untuk mengonfirmasi identitas pengguna mereka. Tujuannya adalah untuk mencegah kejahatan finansial seperti pencucian uang dengan memastikan bahwa platform tersebut mengetahui informasi dasar tentang pelanggan mereka.

Sementara aturan Anti Money Laundering alias AML adalah serangkaian prosedur dan regulasi yang dirancang untuk mencegah kriminal menggunakan aset kripto untuk menyembunyikan asal-usul dana yang diperoleh secara ilegal.

Baca juga:

USDM menawarkan fleksibilitas transaksi di blockchain Cardano tanpa batasan, mendukung pembayaran, pengiriman uang, dan aktivitas DeFi. Ini memungkinkan proyek-proyek dalam ekosistem Cardano untuk meningkatkan likuiditas dan menjangkau pengguna yang lebih luas.

Stablecoin teranyar Cardano ini tidak hanya berfungsi sebagai alat transaksi tetapi juga sebagai jembatan antara keuangan tradisional dan ekosistem Cardano. Dengan memudahkan pendaftaran fiat-ke-ADA, Mehen Finance berupaya menarik pengguna baru dan memperluas jangkauan USDM guna memperbesar kolam likuiditas (liquidity pool) Cardano.