Efektif Membakar Kalori, 10 Aktivitas ini Setara dengan Olahraga

JAKARTA – Rutin berolahraga adalah satu cara hidup sehat. Jika Anda tak punya waktu untuk melakukan aktivitas yang membakar kalori seperti olahraga, maka dapat menggantinya dengan melakukan beberapa aktivitas sehari-hari di rumah.

Manfaanya sama, yaitu membuat tubuh berkeringat dan tentu saja mengikis sedikit demi sedikit lemak yang menumpuk. Ingin mencobanya, cek daftar aktivitas di bawah ini.

Menyapu lantai

Jika tak sempat berolahraga, menyapu lantai sama seperti jalan kaki. Cobalah untuk melakukan aktivitas ini, disamping menjaga kebersihan rumah Anda juga dapat mengeluarkan keringat dengan menyapu lantai.

Mengepel

Masih satu jenis pekerjaan rumah dengan menyapu lantai, yaitu mengepel lantai. Meski memakai air dalam mengepel, tetapi dalam gerakan mengepel selayaknya gerakan peregangan tubuh dalam senam. Anda dapat mengencangkan otot tangan serta membuatnya lebih kuwat.

Ilustrasi membersikan rumah (Pexels/Cottonbro)

Berkebun

Saat pagi hari memeriksa tanaman di halaman, Anda akan berjemur matahari pagi yang mengandung vitamin D. Ditambah lagi ketika beraktivitas memberi pupuk, menyiram, dan menyiangi, maka Anda setara melakukan olahraga.

Berkebun manfaatnya tidak hanya pada fisik, tetapi juga pada mental sebab mampu menenangkan dan merilekskan pikiran.

Berbelanja

Berapa kali Anda memutari rak yang sama ketika berbelanja? Tak hanya memastikan barang yang ingin Anda cari, tetapi berbelanja juga setara dengan olahraga. Sebab kaki berjalan tanpa sadar sudah mencapai ratusan meter. Untuk memastikan, Anda dapat menghitungnya memakai aplikasi penghitung langkah.

Memasak

Mulai dari menyiapkan bahan hingga memasak dengan posisi berdiri dapat setara dengan olahraga. Menurut studi, memasak di rumah juga lebih sehat sebab Anda tahu pasti komposisi dari makanan yang diolah sendiri. Disamping itu, memasak sendiri juga lebih higienis.

Mencuci pakaian

Menurut Medical Daily, mencuci pakaian dapat membakar kalori sebesar 116 kalori. Aktivitas mencuci, mulai dari membasahi pakaian, menyikat, membilas dua kali hingga menjemurnya dapat membuat motorik otot tangan lebih aktif.

Membereskan kamar

Mengorganisir barang-barang di kamar tak diduga membakar kalori. Mulai dari membersihkan perabot hingga mengatur ulang posisi beberapa barang membutuhkan energi yang besar.

Mencuci kendaraan

Baik kendaraan roda dua meupun roda empat, aktivitas mencuci mobil dapat menguras keringat. Berpindah posisi dari jongkok dan berdiri berkali-kali bukan hal yang ringan, justru aktivitas ini setara dengan squat sebab dilakuka berkali-kali.

Ilustrasi mencuci kendaraan (Pexels/Karolina Grobowska)

Membersihkan tangga

Setiap tangga selalu ada handle hand. Nah, membersihkan bagian tersebut sebenarnya tergolong olahraga. Membersihkan setiap sudutnya dengan tangan dapat meningkatkan aktivitas motorik tangan. Belum lagi berpindah-pindah posisi yang juga dapat membakar kalori.

Naik turun tangga saat perbaikan

Akivitas paling sederhana adalah mengganti bohlam rumah. Anda perlu naik tangga, mengangkat tangan menuju dudukan bohlam, dan menggantinya. Terakhir, turun dari tangga yang memerlukan keseimbangan serta kehati-hatian.

Aktivitas mana yang biasa Anda lakukan di rumah untuk mengganti olahraga atau mengeluarkan keringat saat melakukannya?