Google Kembangkan App Mall untuk Mengunduh Aplikasi di Chromebook

JAKARTA – Google sedang mengembangkan toko aplikasi untuk perangkat dengan sistem operasi (OS) ChromeOS. Aplikasi dengan nama App Mall ini dibuat untuk memudahkan pencarian aplikasi. 

Dikutip dari 9to5google, aplikasi ini sedang diuji oleh Google. Selama pengujian, aplikasi ini terkunci di dalam flag Chrome. Ketika diklik, flag tersebut akan mengarahkan pengguna Chromebook ke situs web yang akan diluncurkan di discover.app.chrome.

Untuk saat ini, situs web tersebut tidak bisa dibuka dan akan menampilkan tanda 404 Error. Belum diketahui bagaimana bentuk aplikasinya, tetapi muncul dugaan bahwa aplikasi ini akan mencakup aplikasi seperti game Android dan aplikasi web. 

Chromebook merupakan perangkat yang menarik karena penggunanya bisa mengakses tiga jenis aplikasi yang berbeda. Mereka bisa mengakses aplikasi web progresif (PWA), Google Play Store, dan Steam untuk mengunduh game. 

Sayangnya, Chromebook tidak memiliki wadah khusus untuk mencari seluruh jenis aplikasi. Pengguna harus mencari aplikasi sesuai dengan tipe aplikasinya sehingga cara ini bisa sangat merepotkan. Oleh karena itu, Google membuat App Mall. 

Jika toko aplikasi ini bisa mengakses seluruh jenis aplikasi, pengguna mungkin dapat menginstal lingkungan pengembangan Linux yang menawarkan berbagai macam aplikasi desktop seperti Android Studio dan aplikasi lainnya. 

Belum ada informasi mengenai kapan aplikasi ini akan diluncurkan. Namun, Google telah memberikan deskripsi bahwa App Mall, "Memungkinkan aplikasi menemukan dan menginstal aplikasi lain."