Jay Idzes Dipanggil ke Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Sambutan

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberi informasi bahwa Jay Idzes bakal dipanggil untuk memperkuat Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada April 2024.

Kabar ini diketahui dari unggahan terbaru yang dibagikan Shin Tae-yong pada Senin, 4 Maret 2024. Dalam unggahan itu, pelatih asal Korea Selatan ini membagikan potret bersama Jay Idzes yang baru saja tampil untuk klubnya, Venezia, di Serie B Italia.

Shin menjelaskan bahwa ia memang sengaja menyaksikan Jay tampil untuk timnya di laga tandang. Lewat kesempatan yang sama pula, Shin menyampaikan pesan bahwa Jay bakal masuk Timnas Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Shin Tae-yong bahkan membeberkan tanggal pasti kapan pemain berdarah Belanda-Indonesia itu bisa gabung rekan lainnya di Skuad Garuda.

"Hari ini adalah perjalanan yang sangat sulit. Pertandingan tandang Jay di area Milan Como. Pertama kali berjumpa Jay setelah melihat pertandingan tandang. Sampai jumpa pada 17 Maret 2024," tulis Shin Tae-yong pada unggahan di Instagram.

Soal tanggal yang dicantumkan Shin, diketahui bahwa hari itu memang akan menjadi rencana digelarnya awal pemusatan latihan Timnas Indonesia menjelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas akan melakoni dua laga di agenda tersebut dengan melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Kehadiran Jay Idzes jelas bakal meramaikan persaingan posisi bek tengah. Sebelumnya, Indonesia memiliki Jordi Amat, Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Wahyu Prasetyo.

Bahkan, Justin Hubner dan Sandy Walsh juga bisa berperan sebagai palang pintu di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Jay Idzes resmi mengambil sumpah WNI (warga negara Indonesia) pada 28 Desember 2023 dengan latar belakang darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

Setelah resmi dengan status pemain naturalisasi, Jay belum sama sekali tampil untuk Skuad Garuda. Agenda Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan jadi panggung perdananya.

Terlepas dari kabar baik soal pemanggilan Jay, Shin Tae-yong memang diketahui tengah mengunjungi Eropa. Ia sengaja menyambangi beberapa negara demi bertemu dengan pemain-pemain Indonesia yang merumput di sana.