Mengapa Warna Paspor Tiap Negara Berbeda

YOGYAKARTA - Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah buat warga negaranya guna melangsungkan perjalanan lintas negara. Paspor ialah bukti identitas diri seorang di luar negaranya. Lantas kenapa warna paspor setiap negara berbeda?

Mengapa Warna Paspor Tiap Negara Berbeda

Tiap paspor di negara-negara dunia mempunyai warna khusus yang jadi pembeda identitas dokumen tersebut.

Walaupun beda warna, seluruh negara menyetujui desain paspor yang sama.

Masing-masing paspor memiliki sampul satu warna dan nama serta lambang negara yang ditulis dengan tinta metalik emas di bagian depan. Bersumber pada data Passport Index, tiap paspor yang berlaku di dunia memiliki warna berbeda.

Tetapi, dokumen ini setidaknya bisa dikelompokkan dalam warna biru, merah, hijau, serta hitam. Sedangkan itu, Indonesia mempunyai 3 tipe paspor yang masing-masing memiliki warna berbeda. Lalu, apa arti warna-warna yang dipakai buat paspor?

Arti Setiap Warna Paspor

Paspor Berwarna Merah

Seperti yang dikutip dari laman The Sun, kebanyakan negara Uni Eropa (tidak termasuk Kroasia yang paspornya bercorak biru) bercorak merah. Masyarakat negara dengan sejarah ideologi komunis semacam Slovenia, Serbia, Latvia, Rumania, Tiongkok, Rusia, Polandia, serta Georgia mempunyai paspor bercorak merah.

Negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa termasuk Turki, Makedonia, serta Albania pula mengganti paspor mereka jadi bercorak merah beberapa tahun yang lalu. Negara lain yang memakai paspor bercorak merah lainnya ialah Bolivia, Kolumbia, Ekuador, serta Peru.

Paspor Berwarna Biru

Terdapat 83 negara yang memakai warna biru pada paspornya, termasuk 15 negara Karibia. Negara-negara di Amerika Selatan termasuk Brazil, Argentina, serta Paraguay pula memakai paspor biru.

Salah satu paspor biru yang paling populer yaitu yang dikeluarkan buat warga negara AS, namun ini cuma diubah jadi biru pada tahun 1976. Paspor biru yang paling cerah kepunyaan Fiji serta Tuvalu, bersama dengan Kenya. Inggris pula mempunyai paspor berwarna biru semenjak meninggalkan Uni Eropa.

Paspor Berwarna Hijau

Sebagian besar negara Muslim memakai paspor berwarna hijau, contohnya Maroko, Arab Saudi, serta Pakistan. Seperti yang dilansir dari halaman The Sun, hijau dianggap selaku warna kesukaan Nabi Muhammad.

Warna hijau pula dianggap selaku simbol alam serta kehidupan. Beberapa negara Afrika Barat, termasuk Nigeria, Niger serta Segal pula mempunyai paspor hijau.

Paspor Berwarna Hitam

Hitam ialah warna yang langka buat paspor. Diketahui cuma ada 7 negara yang mempunyai paspor bercorak gelap. Negara yang mempunyai paspor bercorak gelap ialah Kongo, Malawi, Trinidad serta Tobago, Tajikistan, serta Palestina. Masyarakat Selandia Baru pula mempunyai paspor bercorak gelap sebab jadi warna nasional negara tersebut.

Buat yang bingung membuat paspor untuk anak alangkah baiknya untuk membaca: “Cara Membuat Paspor untuk Anak secara Online” agar tidak kebingungan dan bisa mempersiapkan persyaratannya.

Jadi setelah mengetahui kenapa warna paspor setiap negara berbeda, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!